KEK Tanjung Lesung Serap 200 Ribu Pekerja

Antara    •    Jumat, 08 May 2015 17:55 WIB
kawasan ekonomi khusus
KEK Tanjung Lesung Serap 200 Ribu Pekerja
Maket Tanjung Lesung. Dok/Suci Sedya Utami

Metrotvnews.com, Pandeglang: Sekitar 200 ribu pekerja akan terserap dalam pembentukan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Banten. "Pembentukan KEK ini tidak hanya akan mengembangkan pariwisata, tapi juga penyerapan tenaga kerja yang sangat banyak," kata Bupati setempat Erwan Kurtubi di Pandeglang, Jumat (8/5/2015).

Penyerapan tenaga kerja itu, diantaranya dampak langsung dari pembentukan KEK sebanyak 85 ribu orang, dampak pembangunan Bandara Banten Selatan 35 ribu orang. Kemudian, kata dia, penyerapan tenaga kerja dampak langsung pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sebanyak 5.000 orang serta dampak tidak langsung dari sektor lainnya 75 ribu pekerja.

Karena itu, kata dia, pemerintah Kabupaten Pandeglang berharap agar pembentukan KEK pariwisata serta pendukung lainnya, seperti bandar udara dan jalan tol bisa direalisasikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Presiden, menurutnya, menargetkan pembangunan KEK pariwisata yang pusatnya berada di kawasan wisata Tanjung Lesung itu selesai dalam tiga tahun. "Artinya, para penanggung jawab pembangunan kawasan tersebut harus bekerja keras sehingga target yang disampaikan Presiden bisa direalisasikan," tukasnya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, dia menambahkan, siap membantu pembangunan KEK tersebut, sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat. "Kita sebagai tuan rumah tentu siap jika memang diperlukan, dan selama ini juga pemerintah Kabupaten Pandeglang sudah melakukan berbagai kegiatan untuk mendukungnya," ucapnya.

Bupati juga mengharapkan warga setempat mendukung pembangunan kawasan itu, karena dampaknya akan dirasakan secara langsung maupun tidak oleh warga. "Dengan banyaknya pekerja maka akan mengurangi angka pengangguran di Pandeglang, jadi proyek ini harus didukung," pungkasnya.


(WID)