Jelaskan Sabda Raja di Rumah GKR Mangkubumi, Ini Alasan Sri Sultan

Patricia Vicka    •    Jumat, 08 May 2015 18:53 WIB
keraton yogyakarta
Jelaskan Sabda Raja di Rumah GKR Mangkubumi, Ini Alasan Sri Sultan
Sri Sultan Hamengkubawono X (tengah) dan istinya saat menggelar konferensi pers. Foto: Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sri Sultan Hamengkubuwono X memberi penjelasan tentang sabda raja kepada sejumlah masyarakat, unsur pemerintahan Yogyakarta, dan pers, Jumat (8/5/2015) sore. Pemberian penjelasan itu dilakukan di kediaman putri pertamanya, GKR Mangkubumi.

Sri Sultan mengatakan keraton tidak boleh digunakan untuk pertemuan seperti sore ini.

"Memang sengaja tidak di keraton karena saya belum memperbolehkan keraton digunakan untuk berkumpulnya orang banyak, saya belum memperbolehkan dilakukan untuk pertemuan seperti ini. Saya tidak mau berlawanan dengan saudara-saudara saya sendiri, tidak," ujar Sri Sultan, Jumat.

Menurut dia, selama ini, banyak yang salah sangka dengan sabdanya yang dikeluarkan pada 30 April. Banyak juga yang menanyakan tentang maksud dari sabda tersebut. Oleh karena itu, dia memberi penjelasan sore ini.

Salah satu warga Yogyakarta yang ada dalam pertemuan itu, Bondan, mengaku bahagia mendengar penjelasan Sultan. "Mugo-mugo Jogja tetep bersatu, pamuji kulo. Ayo damai jangan bikin semakin ruwet, nanti kayak saudara kita yang di sebelah timur," kata budayawan itu.


(BOB)