Cerita Sultan saat Dapat Wahyu Sabda Raja

Patricia Vicka    •    Jumat, 08 May 2015 19:21 WIB
keraton yogyakarta
Cerita Sultan saat Dapat Wahyu Sabda Raja
Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Foto: Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Usai menjelaskan isi sabda raja, Sri Sultan Hamengkubuwono X menceritakan asal usul keluarnya "dawuh" tersebut. Raja Yogyakarta itu mendapatkan wahyu dari Allah melalui leluhurnya.

Ada kesan mendadak saat Sri Sultan mengumumkannya. Sri Sultan mengatakan tidak bisa berbuat apapun terkait hal tersebut.

"Wahyu itu datangnya mendadak. Kamis pagi, tiba-tiba saya diberitahu untuk membacakan sabda Raja pertama. Ya saya laksanakan. Begitu juga sabda raja kedua yang wahyunya turun di pagi hari," tutur Sri Sultan di kediaman GKR Mangkubumi di Yogyakarta, Jumat (8/5/2015) sore.

Lantas, dia segera memanggil seluruh keluarganya untuk berkumpul dan mendengarkan isi wahyu tersebut.

"Saya enggak tahu sebelumnya. Lalu begitu dapat wahyu dari Gusti Allah, saya komunikasikan ke yang lain melalui SMS. Kami hubungi semua keluarga satu per satu. Semua adik saya undang," kata Gubernur DIY ini.

Seusai membacakan sabda raja, dia pun membuka pintu lebar-lebar untuk menjelaskan isi sabda raja kedua kepada adik-adiknya yang tidak hadir. "Yang mau tahu sabda raja kedua monggo datang ke Keraton Kilen (kediaman Sultan). Adik-adik saya yang dari Jakarta kemarin sudah datang ke rumah saya," kata Sri Sultan HB yang mengenakan batik ungu.

Dia menegaskan setiap wahyu dari Gusti Allah harus disampaikan karena ada tanggung jawab dan risiko di baliknya jika tak disampaikan. "Ada risiko berat yang harus ditanggung bagi yang tidak menyampaikan dan tidak percaya. Makanya saya tidak boleh mengeluh walau wahyu itu turun pagi-pagi sekali," kata Sri Sultan.

 


(BOB)