Raih Seritfikat Internasional, XL Tawarkan Data Center untuk Publik

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 08 May 2015 20:15 WIB
xl
Raih Seritfikat Internasional, XL Tawarkan Data Center untuk Publik
XL menawarkan data center untuk publik.

Metrotvnews.com, Jakarta: XL Axiata hari ini, Jumat (8/5/2015) mengumumkan ketersediaan data center mereka untuk publik. Dari enam data center yang dimiliki, tiga di antaranya siap digunakan untuk publik. Artinya, perusahaan di luar grup XL Axiata bisa memanfaatkan layanan ini.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung Chief Digital Service Officer XL Yessie D Yoseta, di Menara Prima, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

"Saat ini cukup banyak korporasi di Indonesia yang menggunakan data center dari luar negeri. Hal ini tentunya sangat disayangkan karena banyak traffic outgoing yang ke luar dan biaya yang harus dibayarkan ke negara lain." ungkap Yessie.

"Kami percaya, dengan tiga sertifikat baru yang kami miliki ini, infrastruktur data center dari XL ini setara dengan ada yang di luar negeri."

Lebih jauh lagi, sejak kuartal pertama tahun ini, data center XL Axiata telah mendapatkan tiga sertifikasi, yaitu ISO/IEC 27001 untuk Information Security Management, ISO/IEC 20000-1 untik Information Technology Services Management, dan sertifikat TIER III Design dari Uptime Institute, Amerika Serikat. Ketiga sertifikat tersebut melengkapi sertifikat nasional MAWAS ID yang dikeluarkan oleh Cloud Security Identity yang berafiliasi dengan Universitas Indonesia.

Ketiga data center XL Axiata yang dibuka untuk umum ini terletak di Surabaya, Jakarta, dan Pekanbaru. Tiga data center sisanya digunakan pihak internal XL Axiata. Merekapun  berencana untuk membuka data center di Balikpapan untuk keperluan komersial.


(ABE)