Cara Alami Hilangkan Nyeri Tanpa Minum Obat

   •    Jumat, 08 May 2015 20:17 WIB
kesehatan
Cara Alami Hilangkan Nyeri Tanpa Minum Obat
Nyeri pada lutut. (Foto:westonmedicalhealth.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menderita nyeri di punggung, leher atau bahu, sakit otot dan sakit kepala tentu cukup mengganggu aktivitas. Untuk menghilangkan rasa sakit ini, kebanyakan orang memilih mengambil jalan tercepat yakni dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Tanpa menelan obat, sebenarnya ada beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan guna membantu menghilangkan rasa nyeri. Apa sajakah itu? Berikut empat solusi untuk menghilangkan rasa nyeri.

Akupuntur
Akupuntur adalah salah satu penanganan alternatif yang telah terbukti mengurangi rasa sakit dan ketegangan. Akupuntur adalah solusi terbaik untuk meredakan nyeri. Jadi, jika Anda merasakan nyeri pada punggung dan anggota tubuh lainnya, jangan buru-buru memilih dan menelan obat penghilang nyeri, tetapi cobalah akupuntur sebagai solusi pertama.

Capsaicin
Capsaicin merupakan senyawa yang ditemukan dalam cabai. Senyawa ini digunakan dalam salep tropikal dan ini adalah senyawa yang ditemukan dalam cabai yang digunakan dalam salep panas dan salep tempel untuk meringankan otot dan nyeri sendi. Menggunakan capsaicin secara rutin dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis di tangan dan jari-jari. Jangan gunakan capsaicin pada kulit terbuka, dan selalu mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakannya.

Terapi Pijat
Penelitian menunjukkan bahwa terapi pijat tidak hanya mengurangi ketegangan otot dan sakit tetapi juga meningkatkan tingkat oksitosin (hormon yang mempromosikan rasa tenang dan relaksasi). Terapi pijat dapat mengurangi ketegangan otot dengan meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan sehingga memungkinkan otot-otot lebih santai serta mengurangi perasaan lelah dan rasa sakit.

Kunyit
Kunyit mempunyai kemampuan anti-inflasi yang kuat yang dapat mengurangi nyeri lutut, luka bakar dan bahkan rasa sakit pascaoperasi. Sebuah studi menunjukkan bahwa kunyit seefektif ibuprefon (sejenis obat yang tergolong dalam kelompok antiperadangan non-steroid) untuk mengurangi nyeri lutut. (Ningtriasih/Sheknows)


(LOV)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA