Industri Otomotif

30 Tahun Dipasarkan, Hyundai Sonata Laku 7,3 Juta Unit

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 08 May 2015 22:43 WIB
hyundai
30 Tahun Dipasarkan, Hyundai Sonata Laku 7,3 Juta Unit
Hyundai Sonata sudah 30 tahun dipasarkan dan mampu diserap sebanyak 7,3 juta unit di seluruh dunia. Carlist

Metrotvnews.com: Produsen kendaraan merek Hyundai merayakan 30 tahun usia sedan papan atasnya, yaitu Sonata. Mobil ini telah memasuki generasi ketujuh, dan telah terjual lebih dari 7,3 juta unit di seluruh dunia sejak pertama kali kemunculannya tahun 1985.

"Sonata sangat berpengaruh dalam pertumbuhan Hyundai diseluruh dunia," kata Dave ZZuchowski, President & CEO Hyundai Motor America. Di Amerika sendiri Sonata terjual lebih dari 2,3 juta unit.

Generasi pertama Sonata dikenalkan tahun 1985, yang merupakan karya eksklusif rumah desain Hyundai. Model ini terinspirasi dari Hyundai Stellar, dan hanya tersedia satu model saja.

Lalu generasi kedua tahun 1988, Hyundai mulai menghadirkan Sonata dalam penggerak roda depan setelah generasi pertama hadir dalam penggerak roda belakang saja.

Tahun 1993 jadi kemunculan generasi ketiga Sonata, yang mulai menerapkan teknologi kendaraan lebih canggih waktu itu. Seperti spion elektrik dan pengereman dengan ABS.

Generasi keempat hadir tahun 1998 yang tampilannya lebih mewah. Hyundai menanamkan Hyundai's Intelligent Vehicle Electronic Control (HIVEC) untuk Sonata dipasar-pasar tertentu. Mobil ini meraih penjualan terbaik di Korea antara Februari 1999 hingga Agustus 2000.

Memasuki generasi kelima, Hyundai Sonata mulai tampil dengan desain yang terlihat lebih Eropa. Mobil ini sendiri dikenalkan tahun 2004, serta dijejali berbagai fitur berkendara dan keselamatan modern.

Generasi keenam mulai mengusung bahasa desain Fluidic Sculpture, mobil ini pun disebut punya desain terbaik saat itu. Generasi keenam ini pula sempat jadi kendaraan dinas sejumlah instansi pemerintah di Indonesia.

Inilah generasi terakhir Sonata yang dikenalkan tahun 2014. Mobil ini dibekali pilihan mesin hybrid yang dikenalkan pada tahun ini di Detroit Auto Show beberapa waktu lalu.


(UDA)