Tips Perlengkapan Berkendara

Waspada Helm Abal-Abal yang Dijual via Online

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 08 May 2015 23:17 WIB
tips motor
Waspada Helm <i>Abal-Abal</i> yang Dijual via Online
Waspada beli helm abal-abal yang dijual secara online, sangat tidak aman buat pengendara. MCN

Metrotvnews.com: Situs jual-beli online dewasa ini memang cukup membantu. Anda tak perlu repot-repot ke toko maka barang pesanan sudah diantar ke rumah. Tapi hati-hati jika Anda membeli helm secara online ya, pasalnya Anda tak bisa mengetahui kualitas helm itu secara langsung.

Jika masih tak percaya, Anda bisa lihat foto yang dirilis oleh Trading Standard yang ditulis Visordown pada 7 Mei kemarin. Terlihat jelas foto tersebut menunjukkan kerusakan sebuah helm yang ternyata gagal melalui tes keselamatan. Helm ini sendiri berasal dari Tiongkok dan dijual secara online.

"Setiap pengendara yang menggunakan helm ini akan menerima benturan enam kali lebih kuat dari benturan jika menggunakan  helm berkualitas," kata petugas Trading Standard. Itu artinya Anda sama saja tak menggunakan pelindung kepala jika menggunakan helm ini.

Trading Standard sendiri rencananya melakukan lima kali tes benturan kepada helm itu. Tapi baru masuk tes benturan kedua, helm sudah rusak parah pada bagian atas dan sisi kanan helm.

Tidak hanya itu, Helm bermerek Jiekai JK1000 ini tak memiliki kekuatan pada tali pengikatnya. Petugas yang menguji bahkan bisa melepas pengikat helm hanya dengan tangan kosong.

Kalau sudah begini, pastikan Anda memang membeli helm yang berkualitas. Merek-merek lokal pun ternyata jauh lebih berkualitas dan aman dibanding helm asal Tiongkok ini. Untuk itu, penting diperhatikan agar tidak tergiur dengan harga murah dan model bagus.

Beruntung di pasar Indonesia, banyak produsen helm lokal yang memang sangat konsen dengan safety, seperti KYT, NHK, Cargloss dan lainnya. Sehingga tak perlu khawatir dengan pilihan model dan standar keamanan.


(UDA)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

4 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA