Pelatih Berharap Tidak Ada Aksi Mogok di Liga Spanyol

Achmad Firdaus    •    Sabtu, 09 May 2015 01:29 WIB
Pelatih Berharap Tidak Ada Aksi Mogok di Liga Spanyol
Foto: Ist

Metrotvnews.com, Madrid: Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti dan pelatih Barcelona, Luis Enrique kompak menyerukan harapannya agar kompetisi La Liga Spanyol tetap berjalan sesuai rencana. Mereka berharap tidak ada penundaan pertandingan sehingga kompetisi jadi molor.

Rabu lalu, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengumumkan bahwa pertandingan La Liga mulai tanggal 16 Mei 2015 (pekan ke-37) dan pekan berikutnya akan ditunda. Hal ini dilakukan apabila sengketa tentang alokasi dana berdasarkan undang-undang baru yang mengatur tentang pembagian hak siar televisi tidak disetujui.

Dalam peraturan barunya, Pemerintah Spanyol menegaskan bahwa 50 persen pendapatan dari hak siar televisi harus dibagi rata kepada 20 klub peserta La Liga. Sementara pada peraturan lama, klub-klub Spanyol dibebaskan untuk mencari serta mengatur pemasukan hak siar sendiri.

Peraturan baru ini membuat RFEF kecewa hingga akhirnya memutuskan untuk menunda kompetisi. Sikap RFEF ini juga mendapatkan dukungan dari mayoritas pemain, termasuk bintang Madrid, Iker Casillas dan Cavi Hernandez dari kubu Barcelona. Mereka (pemain) sepakat untuk melakukan aksi mogok bermain.

"Saya pikir itu adalah topik yang akan diperbaiki dalam beberapa hari mendatang. Saya pikir ada sedikit kesalahan komunikasi. Mereka akan bertemu dan pada akhirnya mengambil keputusan yang tepat. Saya pikir liga akan berakhir secara normal," ujar Ancelotti.

Hal senada juga dilontarkan Enrique, "Saya berharap tidak akan sampai ke tahap itu (aksi mogok), saya berharap bahwa dialog di antara pihak-pihak yang berseteru masih bisa diperbaiki."

"Wajar apabila semua pihak memiliki posisi mereka sendiri, tetapi Anda juga harus memikirkan apa yang diinginkan para pemain dan orang-orang yang terlibat dalam sepak bola serta menemukan solusi melalui dialog. Itu akan menjadi yang terbaik," lanjut Enrique.

Kompetisi La Liga musim ini hanya menyisakan tiga pertandingan lagi. Barcelona dan Real Madrid masih bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara.

Barca untuk sementara memimpin klasemen dengan 87 poin, namun Madrid siap menyalip anda Barca terpeleset, karena hanya terpaut dua poin. (AFP)
(ACF)