BI Kembali Ingatkan Pentingnya Mitigasi Risiko Keuangan

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 09 May 2015 07:12 WIB
bank indonesia
BI Kembali Ingatkan Pentingnya Mitigasi Risiko Keuangan
Bank Indonesia (Foto Terbit PUJIANTO)

Metrotvnews com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) kembali mengingatkan pentingnya mitigasi risiko ketidakseimbangan keuangan, menjaga ketersediaan likuiditas, dan pendalaman pasar keuangan, serta perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi secara lebih seimbang dan berkesinambungan. 
 
Mengutip laman BI, Sabtu (9/5/2015), terungkap terkait hal itu BI juga telah menyiapkan beberapa kebijakan makroprudensial pada 2015. Kebijakan yang dilakukan ini diharapkan memberi stimulus terhadap stabilitas keuangan dan nantinya berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di masa yang akan datang.
 
Beberapa kebijakan yang dimaksud di antaranya adalah penyesuaian ketentuan GWM-LDR, upaya mendorong kredit UMKM melalui mekanisme insentif dan disinsentif, penerapan Countercyclical Capital Buffer (CCB), penguatan Protokol Manajemen Krisis, penyusunan neraca keuangan nasional dan daerah, serta penguatan kerangka operasional kebijakan makroprudensial.

Selain itu, BI juga terus mendorong tersedianya payung hukum Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK). Berbagai hal tersebut terangkum dalam buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) Nomor 24, yang telah diluncurkan pada Jumat 8 Mei. KSK merupakan salah satu publikasi rutin BI yang diterbitkan setiap semester sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan tugas BI di bidang pengaturan dan pengawasan makroprudensial kepada stakeholder. Kajian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi untuk menganalisa perkembangan, risiko dan prospek sistem keuangan ke depan.



(ABD)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA