Partai Konservatif Menang, PM Inggris Amankan Posisi

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 09 May 2015 08:45 WIB
pemilu inggris 2015
Partai Konservatif Menang, PM Inggris Amankan Posisi

Metrotvnews.com, London: Partai Konservatif secara mengejutkan menang telak dalam Pemilu Inggris 2015. Perdana Menteri Inggris David Cameron mengamankan posisinya kepala pemerintahan.

Cameron akan memperoleh lima tahun lagi masa jabatan sebagai perdana menteri. Partai yang dipimpin memperoleh 331 dari 650 kursi yang tersedia untuk diperebutkan di parlemen.

Dengan raihan ini, Partai Konservatif mendominasi posisi di Parlemen Inggris hingga 50,92 persen. Adapun Partai Buruh harus mengakui kekalahan yang memalukan.

Ed Miliband yang memimpin Partai Buruh dalam Pemilu Inggris kali ini, hanya mampu membawa partainya mendapatkan 232 kursi atau 35,69 persen. Raihan itu lebih rendah pada pemilu 2010, di mana Partai Buruh mendapatkan 256 kursi.

Setelah di luar dugaan membalikkan jajak pendapat dan unggul jauh atas tiga partai lain, PM Cameron berjanji pemerintahnya akan mewakili semua kepentingan di Inggris.

Partainya tidak memerlukan dukungan partai-partai lain untuk mewujudkan janji-janji kampanye karena mendapatkan kursi yang lebih dari cukup untuk menjadi kekuatan mayoritas di parlemen.

"Kami akan menambah kewenangan bagi pemerintah lokal di Skotlandia setelah Scottish National Party merebut kursi di hampir semua daerah pemilihan di Skotlandia," tutur Cameron, seperti dikutip BBC, Sabtu (9/5/2015).

Ia juga berjanji untuk menambah kewenangan bagi pemerintah di Wales dan Irlandia Utara. Terkait isu Uni Eropa, Cameron mengatakan akan menggelar referendum keanggotaan Inggris di organisasi ini.

Sebelum pemungutan suara Kamis (7/5/2015) semua jajak pendapat memperlihatkan bahwa Partai Konservatif dan Partai Buruh akan bersaing ketat.

Namun penghitungan di berbagai daerah pemilihan menunjukkan Partai Konservatif unggul jauh.
 


(FJR)