BPS Perkirakan Ekonomi Konsumen Jambi Masih Baik

Antara    •    Sabtu, 09 May 2015 11:37 WIB
bps
BPS Perkirakan Ekonomi Konsumen Jambi Masih Baik
Gedung BPS (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jambi: Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan kondisi ekonomi konsumen di Provinsi Jambi pada triwulan II-2015 masih baik dengan nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) yang mencapai 101,50 poin.

Kepala BPS Jambi Yos Rusdiansyah mengatakan, untuk tingkat optimisme konsumen diperkirakan relatif lebih tinggi dibandingkan triwulan I-2015. "Perkiraan kondisi ekonomi konsumen tersebut antara lain didorong oleh adanya rencana pembelian barang tahan lama dengan nilai indek 108,73," ujarnya, di Jambi, Sabtu (9/5/2015).

Sebaliknya, pendapatan rumah tangga diperkirakan lebih rendah dengan nilai indeks sebesar 97,36 point. Jika dibandingkan dengan nilai ITK dari triwulan I-2011 triwulan I-2015, menunjukkan varisasi musiman setiap tahunnya dan nilai ITK di bawah angka seratus pada triwulan ini memberikan gambaran bahwa kondisi ekonomi Jambi menurut konsumen sedikit berkurang dibandingkan triwulan sebelumnya.

"Artinya, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tertinggi di setiap tahunnya terjadi pada triwulan III. Hal ini biasanya didorong oleh pengaruh inflasi terhadap konsumen yang diikuti tingkat konsumsi beberapa komoditi makanan dan non makanan," jelas Yos.

Nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) provinsi Jambi pada triwulan I-2015 sebesar 91,66 point, di mana persepsi konsumen terhadap kondisi triwulan berjalan relatif tidak seoptimis triwulan sebelumnya. 

Kondisi ekonomi ini terutama disebabkan rendahnya persepsi konsumen terhadap peningkatan pendapatan. Namun demikian pada triwulan ini masih terlihat adanya optimisme konsumen menyikapi pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumsi.


(ABD)