Pemerintah Kucurkan Rp100 Miliar untuk Pembangunan Kemaritiman Morotai

Antara    •    Sabtu, 09 May 2015 15:11 WIB
kemaritiman
Pemerintah Kucurkan Rp100 Miliar untuk Pembangunan Kemaritiman Morotai
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (ANTARA FOTO Joko Sulistyo)

Metrotvnews.com, Ternate: Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia di 2015 ini akan mengucurkan bantuan dana sebesar Rp100 miliar untuk Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut).

"Anggaran yang bersumber dari APBN itu diberikan sebagai prioritas rencana pembangunan perikanan dan kemaritiman yang terintegrasi di Kabupaten Pulau Morotai mendatang," kata Menteri KKP Susi Pudjiastuti, saat berkunjung ke Pulau Morotai, Sabtu (9/5/2015).

Dia mengatakan, dari total anggaran tersebut diharuskan sebanyak 60 persen digunakan untuk mensejahterakan masyarakat nelayan tangkap di wilayah Morotai. Suci menginginkan para nelayan du Morotai menjadi tuan rumah.

"Selain kesejahteraan masyarakat nelayan, pada sumber anggaran itu pula telah direncanakan akan digunakan untuk pembangunan sekolah tinggi ilmu perikanan (STIP) di Morotai. Pembangunan serta penyediaan sarana pendukung nelayan dianggap penting seperti pelabuhan pusat pendaratan ikan (PPI), serta mesin es dan lain sebagainya," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Morotai untuk dapat membantu menjaga kekuatan NKRI, selain TNI angkatan laut, Polairud, serta instansi pemda yang berkaitan langsung dengan kelautan.

"Saya mohon di sini, insan pers juga punya peran penting, sebagai motivator untuk membantu memajukan Morotai. Juga saya berharap, agar anggaran itu bisa digunakan dengan baik," pungkas pemilik pesawat Susi air itu.

 




(ABD)