Potensi Ekonomi Perbatasan Cukup Besar

Antara    •    Sabtu, 09 May 2015 17:58 WIB
perekonomian
Potensi Ekonomi Perbatasan Cukup Besar
Ilustrasi (FOTO: MI/ BARY FATHAHILAH)

Metrotvnews.com, Jayapura: Badan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua mengemukakan wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua New Guinea (PNG) memiliki potensi ekonomi yang cukup besar.

Kepala Badan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua Susana Dweijana Wanggai mengatakan, wilayah perbatasan Papua yang merupakan beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, baik di wilayah laut maupun daratan.

"Kalau sekarang kita berbicara tentang letak Papua yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, ada enam potensi ekonomi baik itu di darat dan laut, ditambah pulau Supiori dan Palau," ungkapnya, di Jayapura, Sabtu (9/5/2015).

Susana mengatakan, bila dikaji potensi laut yang kaya di wilayah selatan itu seperti teripang, kemudian sirip ikan hiu, gelembung, ikan kakap. Sedangkan di wilayah daratan yang memiliki potensi ekonomi cukup besar yaitu wilayah pegunungan bintang terdapat sumber mineral, penambangan emas, kemudian buah merah, dan masih banyak potensi ekonomi lainnya.

"Nah ini (potensi ekonomi) dengan kualitas sangat luar biasa, dan nilainya juga jutaan. Tentunya harus mendapat dukungan semua pihak terutama pemerintah untuk memberikan binaan kepada masyarakat guna mengelola itu," pungkasnya.


(ABD)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA