Pertumbuhan Ekonomi RI Diyakini Masih Bisa di Atas 5%

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 09 May 2015 19:49 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi RI Diyakini Masih Bisa di Atas 5%
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Bandung: Pengamat ekonomi dari Mandiri Institute Destry Damayanti meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia pada semester II-2015 masih berada di atas lima persen. Menurut dia, pemerintah saat ini belum menjalankan proyek apapun.

"(Government spending) cuma Rp7 triliun, kita masih bisa tumbuh 4,7 persen. Saya masih yakin semester kedua proyek-proyek dilakukan, (pertumbuhan ekonomi) lima persen bisa dicapai. Tim saya di Mandiri taruh di 5,3 persen," ujarnya di Hotel Sheraton, Bandung, Sabtu (9/5/2015).

Dirinya menambahkan, jika government spending bisa berjalan, maka program lain akan mengikuti. Namun yang terjadi sekarang ini semua menunggu. Contohnya seperti penurunan consumer goods yang biasa solid, mengalami penurunan profit karena daya beli masyarakat rendah.

"Jadi kayaknya mereka terpukul, yang tadinya serba pasti, harga BBM enggak berubah-ubah jadi gampang prediksi. Rupiah relatif stabil, jadi fluktuasi enggak ke mana-mana. Sekarang semua mikir, masih bisa survive enggak ya. Ini yang menyebabkan timbul ragu-ragu," jelasnya.

Menurut Destry, pertumbuhan ekonomi 5,3 persen dengan asumsi government spending yang akan berjalan di kuartal II. Misalnya saja masalah pembebasan lahan jika kemudian benar-benar dilakukan itu bisa dengan gampang kembalikan kepercayaan investor. "Asing masih optimistis di Indonesia. Kepastian jalannya proyek pemerintah yang mereka tunggu," pungkas dia.


(AHL)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA