Sampaikan Belasungkawa, Menteri Retno Kunjungi Rumah Dubes Burhan

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 09 May 2015 20:30 WIB
kecelakaan helikopter
Sampaikan Belasungkawa, Menteri Retno Kunjungi Rumah Dubes Burhan
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi - AFP/Mohd Rasfan

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mendatangi rumah Duta Besar RI untuk Pakistan, Burhan Muhammad di Jalan Agus Salim Nomor 57, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta, Sabtu (9/5/2015) malam. Kedatangan itu, untuk menyampaikan belasungkawa pada keluarga atas meninggalnya istri Dubes, Hery Listyawati.

"Duka cita kami sangat mendalam. Semoga keluarga diberi ketabahan dalam situasi sulit ini," kata Menteri Retno.

Dalam kunjungan itu juga ia memastikan pihaknya telah mengirimkan Direktur Perlindungan WNI ke Pakistan. Tujuannya, membantu memberikan perlindungan pemulangan jenazah. Pihaknya juga masih berkoordinasi untuk melakukan tes DNA sebagai salah satu syarat pemulangan jenazah.

Saat ini, jenazah telah dievakuasi di Islamabad, Pakistan. Namun, Menteri Retno belum berani memastikan waktu pemulangan jenazah sebelum tes DNA dilakukan. "Kita akan berusaha yang terbaik untuk membantu pemulangan jenazah," pungkas dia.

Retno yang datang sekira pukul 18.19 WIB hanya berada setengah jam di kediaman Burhan. Ia ditemani beberapa staf kementerian. Hadir juga dalam kunjungan itu Wakil Rektor Bidang Sumberdaya Manusia dan Aset UGM, Budi Wignyo Sukarto serta Kepala Staff Administrasi Fakultas Hukum UGM, Urip Sudiono.

Seperti diketahui, jatuhnya sebuah helikopter militer di Pakistan, menyebabkan istri Duta Besar Indonesia untuk Pakistan Hery Listyawati tewas, Jumat (8/5/2015). Kecelakaan juga melukai Burhan Muhammad.

Dubes Burhan dikabarkan mengalami luka bakar hingga 75 persen. Pihak Pakistan menyebutkan, kondisi Dubes Burhan tengah kritis. Untuk sementara, Dubes Burhan dirawat di Combined Military Hospital, Pakistan.
 


(REN)