Tak Puas Menang Pemilu, PDIP Target Menang Pilkada Daerah se- Indonesia

Amaluddin    •    Minggu, 10 May 2015 04:32 WIB
pdip
Tak Puas Menang Pemilu, PDIP Target Menang Pilkada Daerah se- Indonesia
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto--Metrotvnews.com/Hardiat Dani Satria

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak hanya menargetkan kemenagan di daerah Jawa Timur. PDIP juga mengincar kemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di semua daerah se- Indonesia.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristyanto mengatakan Pilkada serentak bulan Desember 2015 mendatang, adalah momentum strategis bagi partainya. Hasto mengatakan dengan semakin banyak kemenangan maka akan membawa stabilitas politik lebih baik bagi pemerintahan Jokowi.

"Dengan memenangkan Pilkada serentak di semua daerah di Indonesia, maka Presiden Jokowi bisa lebih mudah melakukan koordinasi politiknya," ujarnya kepada wartawan usai menghadiri fit and proper test Bakal Calon Kepala Daerah di Kantor DPD PDIP Jawa Timur, Jalan Kendangsari, Surabaya, Sabtu (9/5/2015).

Jatim kata Hasto, merupakan salah satu Provinsi yang menjadi incarannya. Sebab, pada tahun 2015, Provinsi Jatim ini akan menggelar 19 Pilkada serentak. Partainya ingin menorehkan sukses mengusung bakal calon kepala daerah dari kadernya sendiri.

Ada beberapa basis-basis PDIP yang menjadi target kemenangan. Antara lain, Ponorogo, Ngawi, Surabaya dan daerah Mataram.

"Kalau kemenangan mayoritas bisa kita peroleh, maka kebijakan-kebijakan Presiden Jokowi akan lebih mudah dikoordinasikan di daerah-daerah yang kepala daerahnya berasal dari PDIP," katanya.

Menurut dia, PDIP cukup sadar terkait kebijakan politik Jokowi tidak bisa serta-merta bersinergi dengan daerah, karena kepala daerahnya berasal dari partai lain.

"Kami sadar akan itu, tetapi jika kemenangan pada Pilkada serentak bisa mayoritas dimenangkan PDIP, maka akan bisa memperkuat posisi politik Bapak Joko Widodo," klaimnya.

Fit and proper test bakal calon kepala daerah yang digelar DPD PDIP Jatim, diikuti 82 peserta dari 19 daerah di Provinsi Jawa Timur yang akan menggelar Pilkada serentak tahun ini.


(REN)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA