Seharian di Papua Barat, Jokowi Panen Padi dan Serat Optik

Anggi Hasibuan    •    Minggu, 10 May 2015 08:04 WIB
jokowipapua
Seharian di Papua Barat, Jokowi Panen Padi dan Serat Optik
Presiden Joko Widodo dikalungi tas noken khas Papua setelah melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk fasilitas PON 2020 di Jayapura, Papua, Sabtu (9/5).--Antara/Hafidz Mubarak A.

Metrotvnews.com, Merauke: Papua Barat juga mendapat 'jatah' percepatan proyek infrastruktur. Percepatan yang dilakukan adalah untuk proyek ketahanan pangan dan jaringan telekomunikasi antarpulau.

Proyek ketahanan pangan yang dibangun adalah sistem pengelolaan modern sawah di Merauke. Uji coba sistem ini sudah diterapkan sejak beberapa waktu silam dan sekarang tiba masa panen raya.

‎Kegiatan panen raya, Minggu (10/5/2015), dihadiri oleh Presiden Jokowi. Sehari sebelumnya, Jokowi dan beberapa menteri berada di Jayapura untuk peresmian dimulainya pembangunan jalan lintas Papua dan pemberian grasi kepada lima tahanan politik.

Setelah panen raya, Jokowi bertolak ke Manokwari. Di kabupaten paling ujung barat Papua tersebut, Jokowi meresmikan penggunaan jaringan kabel serat optik pita lebar bawah laut yang menjadi tulang punggung telekomunikasi data antara Papua-Maluku-Sulawesi.

‎Proyek sepanjang 1.000 kilometer bernama Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SPMC) dari PT Telekomunikasi Indonesia sekaligus akan diuji coba. Uji coba dilakukan melakukan video conference antara dirinya yang berada di Merauke dengan Gubernur Aceh di Banda Aceh, dan Menkominfo Rudi Antara di STO Gambir, Jakarta.
 


(UWA)