Jerman Ciptakan Mobil Listrik yang Dapat Menyusut

Meilikhah    •    Minggu, 10 May 2015 11:14 WIB
Jerman Ciptakan Mobil Listrik yang Dapat Menyusut
Mobil listrik yang mampu menyusut. (CNN)

Metrotvnews.com, Jerman: Ledakan pertumbuhan penduduk memaksa pengguna kendaraan berjuang melalui jalanan padat dengan ruang parkir yang terbatas. Namun, hal itu sepertinya akan jadi masa lalu.

Tim insinyur di Herman telag menciptakan sebuah mobil listrik fleksibel yang dapat menyusut. Mobil ini diberi nama EO Smart Connecting Car 2 yang digagas dari Pusat Inovasi Robotika DFKI di Bremen, Jerman. 
Belakang mobil dibuat sedemikian rupa agar bisa bergerak menyamping seperti kepiting, terdiri dari pengembangan perangkat lunak yang didesain oleh insinyur elektronik dan konstruksi.

Tim mengaku telah membuat mobil mikro cerdas ini selam lima tahun. Mobil pertama kali diperkenalkan pada 2012 dengan masing-masing roda yang didukung oleh mesin terpisah untuk mendukung kamampuannya mendorong ke samping.

Itu artinya, mobil ini bisa masuk ke ruang padat di daerah perkotaan yang menyediakan lokasi parkir terbatas. Manajer proyek kendaraan inovatif ini mengatakan, proses transisi mode mengemudi normal ke kendali samping hanya membutuhkan waktu sekitar empat detik.

"Prototipe saat ini memiliki jangkaian 50-70 kilometer dengan kapasitas baterai selama empat jam dengan kecepatan 65 km/jam. Konfigurasi dua kursi mobil juga memungkinkan prototipr menyusut sekitar 1,5 meter melintasi padatnya kota," kata Timo Birnschein kepada CNN melansir Al Arabiya, Minggu (10/5/2015).

Birnschein juga mengatakan, mobil ini bisa mengurangi ukurannya sendiri sampai 80 sentimeter dan membuatnya hampir sekecil sepeda. Mobil ini pun dapat bertransformasi layaknya 'Transformers' kecil tanpa mengganggu kenyamanan penumpang.

Sejauh ini, Birnschein mengaku mendapat respon positif dari produsen dan kini ia bersam timnya tengah mengerjakan fitur lebih lanjut untuk mobil seperti mode auto pilot dan parkir otomatis. (Al Arabiya).
(MEL)