Lagi, Yunani Pangkas Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi

Ade Hapsari Lestarini    •    Minggu, 10 May 2015 11:28 WIB
ekonomi yunani
Lagi, Yunani Pangkas Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi
Pemerintah Yunani pangkas perkiraan pertumbuhan ekonominya. AFP PHOTO / LOUISA GOULIAMAKI

Metrotvnews.com, Athena: Pemerintah Yunani kembali memangkas perkiraan pertumbuhan ekonominya sebagai bagian dari rencana reformasi ekonomi mereka.

Reuters melansir, Minggu, 10 Mei, pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi lebih dari 0,8 persen tahun ini. Jauh di bawah perkiraan sebelumnya sebesar 1,4 persen.

Padahal, Pemerintah Yunani sebelumnya juga telah memperkirakan pertumbuhan ekonomi mereka kepada lembaga pemberi pinjaman internasional pada Maret, yakni sebesar 2,9 persen yang diasumsikan dalam perencanaan anggaran akhir tahun lalu.

Yunani telah berharap ekonomi mereka tumbuh sedikit lebih dari sepertiga dari yang ditargetkan dalam anggaran 2015. Namun, sebuah rencana reformasi yang disusun oleh kementerian keuangan dan dirilis pada Sabtu memunculkan pertanyaan baru tentang bailout.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras telah berjanji untuk meringankan persyaratan bailout, yang telah buntu selama berbulan-bulan dalam pembicaraan dengan kreditur resmi Yunani atas reformasi untuk peminjaman dana. Pemerintah mengatakan bahwa pendapatan yang lebih rendah dari perkiraan pada 2014, serta ketidakpastian pendanaan telah mmebuat rumit proyeksi ekonomi.

"Namun, diperkirakan bahwa kondisi yang menguntungkan bagi ekonomi Yunani akan dipertahankan. Indicatively, tingkat PDB pada 2015 diperkirakan akan melebihi 0,8 persen dicatat pada 2014," kata Tsipras.

Awal mula Yunani terseret dalam masalah ekonomi ini sejak tahun lalu. Penghematan yang disebabkan resesi tersebut karena menyusutnya produk domestik bruto sebesar seperempat selama periode enam tahun, pemotongan pekerjaan, dan standar hidup yang mengikis.

Rencana reformasi yang dirancang pada April menguraikan perubahan besar seperti mengembalikan perundingan bersama,meningkatkan lapangan kerja, dan menindak birokrasi dan korupsi.

Rencana tersebut tidak termasuk anggaran dasar atas kelebihan perkiraan atau proyeksi pertumbuhan untuk tahun-tahun mendatang. Komisi Eropa pekan ini memangkas perkiraan PDB Yunani 2015 dari 2,5 persen menjadi 0,5 persen karena ketidakpastian arah kebijakan sejak akhir 2014.


(AHL)