Tips Mobil

Air Berkurang Bukan Berarti Radiator Bocor, Cek Water Pump!

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 10 May 2015 11:17 WIB
tips mobil
Air Berkurang Bukan Berarti Radiator Bocor, Cek <i>Water Pump</i>!
Komponen water pump yang sudah berkarat biasanya jadi penyebab kebocoran air radiator. MTVN/M Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sering kurang  air pada radiator jangan dianggap sepele, lantaran bisa menyebabkan mesin mobil Anda menjadi panas. Pasalnya fungsi radiator memang untuk mendinginkan temperatur mesin yang tinggi karena sedang beroperasi.

Kalau air dalam radiator dibiarkan berkurang, pastinya bakal membuat mesin lebih cepat over heat. Tapi tahukah Anda, bahwa berkurangnya air dalam radiator tidak selalu disebabkan kebocoran pada komponen itu. Kebocoran dapat terjadi di salah satu komponen yang berhubungan dengan fungsi radiator.

Salah satunya water pump yang berfungsi memompa dan sebagai sirkulasi air ke dalam mesin. Komponen ini diklaim juga jadi salah satu penyebab berkurangnya air pada radiator. Malah kalau bagian ini yang bocor, justru akibatnya cukup besar. Lantaran air yang mengalami kebocoran biasanya cukup deras.

"Kerusakan pada komponen ini dikategorikan bocor besar, karena air yang keluar deras. Segera perbaiki jika tak ingin mengalami kerusakan yang lebih parah seperti over heating pada mesin," kata Fahmi pemilik Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat.

Rusaknya komponen ini terjadi karena usia pakai yang memang sulit dihindari. Sebab komponen ini terendam air yang menyebabkan karat dan keropos.

Untuk menambah panjang usia water pump, Fahmi menyarankan menguras air radiator minimal dua bulan sekali, hal itu untuk mengurangi pengendapan karat di dalam water pump.

Selain itu, gunakan air yang berkualitas baik dan bersih sehingga kerja water pump menjadi maksimal. Solusi lain adalah menggunakan cairan coolant yang biasanya banyak dijual di gerai perawatan kendaraan.


(UDA)