Penyelesaian Utang Buntu, Yunani Minta Bantuan Uni Eropa & IMF

Ade Hapsari Lestarini    •    Minggu, 10 May 2015 12:07 WIB
ekonomi yunani
Penyelesaian Utang Buntu, Yunani Minta Bantuan Uni Eropa & IMF
Menkeu Yunani, Yanis Varoufakis. Reuters/Susana Vera

Metrotvnews.com, Athena: Negosiator utang utama Yunani meminta Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mau membantu memecahkan kebuntuan pembicaraan utang, menjelang pertemuan penting para menteri keuangan zona euro pada Senin.

Pemerintah sayap kiri yang dipimpin Perdana Menteri Alexis Tsipras menjanjikan untuk mengakhiri kesepakatan utang Yunani sebesar 240 miliar euro. Di mana kesepakatan tersebut telah buntu selama berbulan-bulan dalam pembicaraan dengan pemberi pinjaman luar negeri yang bisa mencairkan dana bailout.

"Setiap keterlambatan dalam mencapai kompromi ini harus dilakukan dengan satu alasan, dan ini adalah perbedaan politik antara pemerintah dan lembaga," ujar koordinator utang Yunani yang baru diangkat, Euclid Tsakalotos, seperti dilansir dari Reuters, Minggu (10/5/2015).

Dengan bantuan pembekuan bailout, Athena berisiko kehabisan uang tunai kecuali kesepakatan segera tercapai.

"Setelah pekan negosiasi yang melelahkan, jika ada kemauan yang nyata dari sisi lain, hal itu akan menjadi jelas bahwa diskusi telah mencapai tingkat di mana kesepakatan sangat dekat dan akan dicapai dalam periode mendatang," kata Tsakalotos.

Kreditur asing Athena menuntut penghematan lebih lanjut dalam pertukaran dana. Sedangkan masyarakat Yunani marah telah merasakan rasa sakit terhadap pemotongan pendapatan di tengah resesi ini.

Sebuah jajak pendapat oleh MRB untuk Realnews menunjukkan bahwa 72 persen dari orang-orang Yunani ingin Athena memiliki "kompromi yang terhormat", yang berarti ada konsesi dari kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan.

Sebuah survei menunjukkan bahwa Marc 57 persen Athena ingin adanya reformasi pensiun dan tenaga kerja. Tsipras akan mengadakan pertemuan kabinet pada hari Minggu, sehari sebelum menteri keuangan zona euro membahas kemajuan yang dibuat dalam negosiasi.

Yunani harus membayar pinjaman IMF sebesar 750 juta euro minggu ini, serta membayar pensiun dan upah sektor publik pada akhir bulan. Athena berharap Bank Sentral Eropa memungkinkan Yunani untuk mendapatkan uang tunai dengan mengeluarkan kelebihan treasury bills.


(AHL)