Serapan Anggaran Rendah, Perlambatan Ekonomi Kuartal I Jadi Tren

Wibowo    •    Minggu, 10 May 2015 14:00 WIB
pertumbuhan ekonomi
Serapan Anggaran Rendah, Perlambatan Ekonomi Kuartal I Jadi Tren
Ilustrasi -- FOTO: MI/Atet Dwi Permana

Metrotvnews.com, Jakarta: Perlambatan ekonomi di setiap kuartal pertama telah menjadi tren akibat rendahnya serapan anggaran infrastruktur di setiap awal tahun.

"Rendahnya pertumbuhan ekonomi ini tidak semata-mata masalah makro saja. Namun juga termasuk bagaimana kesiapan sektor konstruksi dalam mempercepat serapan anggaran dan implementasi proyek-proyek infrastruktur nasional," ujar Sekjen Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Andi Rukman Karumpa, di Jakarta, Minggu (10/5/2015).

Menurutnya, dukungan sektor infrastruktur pada pertumbuhan ekonomi nasional sangat strategis. Pasalnya, sumbangsih sektor ini sangat signifikan terhadap sektor ekonomi lainnya. Pertumbuhan manufaktur hingga menyumbang Gross Domestic Product (GDP) nasional tertinggi dalam beberapa tahun terakhir sebab mendapat dukungan dari ekspansi infrastruktur.

"Sedangkan sektor ini sangat didukung oleh kesiapan jasa konstruksi," katanya.

Oleh karena itu, Rancangan Undang-Undang (RUU) Jasa Konstruksi diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan daya saing pelaksana konstruksi nasional serta memperkuat daya serap anggaran belanja pemerintah dan swasta.

"Output RUU ini nantinya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di atas 5,5 persen setiap tahun," ungkap Andi.

Sebagaimana diketahui, ekonomi nasional mengalami perlambatan di kuartal I-2015. Ekonomi hanya tumbuh 4,7 persen, turun dibandingkan posisi yang sama tahun sebelumnya 5,2 persen. Salah satu penyebab utamanya adalah masih rendahnya serapan anggaran infrastruktur.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan belanja pemerintah hanya tumbuh 2,21 persen, dibanding konsumsi rumah tangga yang tumbuh 5,01 persen dan investasi atau pembentukan modal tetap bruto (PMTB) yang tumbuh 4,36 persen.


(AHL)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA