Topan Noul Dekati Filipina, 2.000 Warga Mengungsi

Willy Haryono    •    Minggu, 10 May 2015 17:04 WIB
topan badai
Topan Noul Dekati Filipina, 2.000 Warga Mengungsi
Petugas membantu evakuasi warga menjelang kedatangan Topan Noul di provinsi Sorsogon, Filipina, Jumat (8/5/2015) -- AFP / Charism SAYAT

Metrotvnews.com, Manila: Lebih dari 2000 orang melarikan diri dari rumahnya seiring semakin mendekatnya Topan Noul ke wilayah utara Filipina, Minggu (10/5/2015). 

Topan ini dikhawatirkan dapat memicu banjir bandang, tanah longsor dan badai yang menyerupai tsunami. 

Kepala Badan Pengawasan Cuaca Nasional Filipina Esperanza Cayanan menyebut pergerakan topan relatif melambat, tapi kecepatan putaran anginnya mencapai 220 kilometer per jam. 

Menurut Cayanan, Topan Noul diperkirakan menghantam pulau Luzon pada sore atau malam hari ini. Efek Topan Noul juga diperkirakan akan terasa di provinsi Cagayan. 

"Ini adalah badai yang sangat berbahaya. Ini merupakan yang terkuat sejauh ini di tahun 2015," ucap Rene Paciente, kepala divisi cuaca laut, seperti diwartakan AFP

Ribuan warga di Cagayan telah dievakuasi dari wilayah pinggiran pantai. "Mereka dievakuasi ke lokasi yang lebih tinggi. Mereka dibantu petugas keamanan dengan bus, truk dan bahkan ambulans," kata Norma Talosig, kepala pertahanan sipil regional Cagayan. 

Kepala Pertahanan Sipil Nasional Alexander Pama mengkhawatirkan adanya gelombang setinggi dua meter saat Topan Noul datang. 

"Tidak ada ilmu pasti dalam memprediksi hal semacam ini. Jadi, kami akan tetap berada di tempat yang aman dengan memerintahkan evakuasi di wilayah rawan," ungkap dia. 






(WIL)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA