GP Spanyol

Di Barcelona, Rosberg Sabet Kemenangan Perdana

Patrick Pinaria    •    Minggu, 10 May 2015 21:31 WIB
f1
Di Barcelona, Rosberg Sabet Kemenangan Perdana
Nico Rosberg (Foto: AFP/Lluis Gene)

Metrotvnews.com, Barcelona: Pembalap Mercedes Nico Rosberg sukses membuktikan ketangguhannya pada balapan GP Spanyol. Usai menuai kesuksesan pada dua sesi latihan dan kualifikasi sebelumnya, pria asal Jerman itu akhirnya berhasil keluar sebagai juara.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Minggu 10 Mei malam hari, Rosberg yang mendapat kesempatan start di urutan pertama tak mau kehilangan posisinya. Ia sukses menunjukkan ketangguhannya pada balapan kali ini.

Terbukti, Rosberg mampu melesat pada lima lap pertama dengan perbedaan 3,1 detik dari Vettel. Ia juga berhasil meninggalkan rekan setimnya Lewis Hamilton dengan selisih waktu 4,2 detik.

Balapan semakin menarik ketika memasuki putaran ke-15. Rosberg sementara harus rela tertinggal setelah memutuskan masuk ke pit untuk memeriksa kondisi mobilnya.

Sementara Rosberg menepi, pembalap Ferrari Kimi Raikkonen langsung mengambil kesempatan itu untuk memimpin balapan. Meski demikian, situasi itu tidak bagus karena ia belum memasuki pit stop sekalipun untuk memeriksa mesin mobilnya.

Namun, posisi itu tidak bertahan lama. Pada lap ke-17, Rosberg berhasil merebut kembali urutan pertama. Sementara Rosberg asyik memimpin, pertarungan terjadi di antara Sebastian Vettel dengan Hamilton untuk merebutkan posisi kedua dan ketiga.

Pertarungan semakin menarik ketika memasuki lap ke-20, di mana Hamilton berhasil memperkecil jaraknya dengan Vettel menjadi 0,6 detik saja.

Memasuki putaran ke-40, Hamilton akhirnya berhasil menyalip Vettel di urutan kedua dan berupaya terus menempel Rosberg. Alhasil, Hamilton berhasil memimpin balapan setelah rekan setimnya Rosberg masuk ke pit.

Namun, kepemimpinan Hamilton tak bertahan lama dan berhasil direbut kembali oleh Rosberg pada putaran ke-52. Sejak saat itu, persaingan perebutan pertama dan kedua semakin sengit. Sementara itu, Vettel tak mampu mengejar lagi kedua pembalap tersebut dan hanya berkutat di posisi ketiga.

Hingga putaran terakhir, Rosberg berhasil melesat terdepan hingga garis finis dengan diikuti Hamilton di urutan kedua. Sementara itu, kedua pembalap tersebut juga dibuntuti Vettel di urutan ketiga.

Posisi keempat dan kelima berhasil ditempati Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen. Sedangkan di posisi keenam hingga kesepuluh berhasil ditempati masing-masing oleh Felipe Massa, Daniel Ricciardo, Romain Grosjean, Carlos Sainz, dan Daniil Kvyat.

Berikut hasil lengkap GP Spanyol:

1. Nico Rosberg     Mercedes-Mercedes 66 laps 1 jam 41 menit 12.555 detik 
2. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes +17.5d 
3. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari +45.3d 
4. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +59.2d 
5. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +60.0d 
6. Felipe Massa Williams-Mercedes +81.3d 
7. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault +1 lap 
8. Romain Grosjean Lotus-Mercedes +1 lap 
9. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Renault +1 lap 
10. Daniil Kvyat Red Bull-Renault +1 lap 
11. Max Verstappen Toro Rosso-Renault +1 lap 
12. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +1 lap 
13. Sergio Perez Force India-Mercedes +1 lap 
14. Marcus Ericsson Sauber-Ferrari +1 lap 
15. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +1 lap 
16. Jenson Button McLaren-Honda +1 lap 
17. Will Stevens Manor-Ferrari +3 laps 
18. Roberto Merhi Manor-Ferrari    +4 laps 


(PAT)