Partai Oposisi Afsel Punya Pemimpin Baru

LB Ciputri Hutabarat    •    Minggu, 10 May 2015 22:55 WIB
internasional
Partai Oposisi Afsel Punya Pemimpin Baru
Ketua partai oposisi Afrika Selatan Aliansi Demokrat (Alliance Democratic) Mmusi Maimane--AFP/Gianluigi Garcia

Metrotvnews.com, Cape Town: Partai oposisi Afrika Selatan Aliansi Demokrat (Alliance Democratic) mengumumkan Mmusi Maimane sebagai pemimpin berkulit hitam pertama yang terpilih menggantikan posisi Helen Zille.

"Pemimpin baru kalian adalah Mmusi Maimane," kata pemimpin sebelumnya, Helen Zille saat membuka amplop hasil pemilihan, Minggu (10/5/2015)

Maimane sebelumnya dipandang sebagai orang yang paling banyak andil untuk menyukseska Zille dengan total perolehan suara yang dimilikinya sebanyak 1.425 delegasi dari seluruh negeri.

Maimane yang dibesarkan di Kota Soweto, pusat kota perjuangan anti apertheid itu bergabung dengan Aliansi Demokrat hanya sejak dari tahun 2009 silam.

Pada tahun 2014 dia terpilih sebagai pemimpin partai parlemen dengan dukungan Zille. Dirinya pun sempat beberapa kali bersitegang dengan para legislator lainnya di Kongres ANC (African National Congress) termasuk Presiden Jacob Zuma.

Zille sendiri adalah mantan jurnalis berkharisma, aktivis anti apherteid dan telah memimpin partai demokrasi selama delapan tahun. (AFP)


(SUR)