Ahmad Basarah: Guru Garda Terdepan Membentuk Karakter Siswa

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 11 May 2015 00:24 WIB
mpr ads
Ahmad Basarah: Guru Garda Terdepan Membentuk Karakter Siswa
foto: Kemendiknas RI

Metrotvnews.com, Minahasa: Pemahaman yang utuh terhadap Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI harus mulai disemai sejak bangku sekolah. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pun menggandeng Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan tersebut.

"Kenapa memilih PGRI? Karena dalam sistem pendidikan nasional, guru sangat berperan penting dalam menyiapkan sumber daya manusia. Guru berada di garda terdepan dalam membentuk mental dan karakter anak bangsa," ujar Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Ahmad Basarah.

"Guru yang memiliki nasionalisme dan patriotisme akan membentuk karakter siswa yang juga nasionalis dan patriotis," lanjutnya dalam sosialiasasi Empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Sabtu (2/5/2015).

Sosialisasi yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional ini berlangsung di Aula Pemda Kabupaten Minahasa Tenggara. Pesertanya adalah ratusan orang guru dan kepala sekolah dari seluruh Minahasa Tenggara.

Sosialisasi juga dihadiri Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap dan jajaran Pemda. Sementara rombongan MPR yang dipimpin Ahmad Basarah terdiri dari Deding
H Iskak (Partai Golkar), Khatibul Umam Wiranu (Partai Demokrat), Syarifuddin (PAN) dan Abraham Liyanto (Kelompok DPD).

Di dalam sambutan pembukaannya, Ahmad Basarah mengatakan MPR mempunyai tugas tambahan sesuai dengan UU MD3. Yaitu mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika ke daerah pemilihan masing-masing. 

"Anak didik tidak hanya dipersiapkan untuk menhadapi persaingan, tetapi juga jangan sampai kehilangan jati diri bangsanya. Karena itu menjadi keharusan untuk mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan sejak anak duduk di bangku sekolah," tegas Ketua Fraksi PDIP MPR itu. 




(LHE)