Modifikasi Motor

Kawasaki Ninja 250R 2010, Konsep Moge Terinspirasi Mobil Le Mans

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 11 May 2015 09:50 WIB
modifikasi motor
Kawasaki Ninja 250R 2010, Konsep Moge Terinspirasi Mobil Le Mans
Kawasaki Ninja 250 tahun 2010 ini, tampil dengan gemerlap warna ala mobil Le Mans. MTVN/A Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Memiliki Kawasaki Ninja sudah pasti banyak diidam-idamkan kaum lelaki. Motor sport tulen, kapasitas mesin 250 cc, tampilan sporty bikin rasa pede bertambah ketika menungganginya. Tapi karena faktor usia dan sudah keluar versi terbaru, satu-satunya cara adalah melakukan refreshment dan modifikasi.

Aditoro, salah satu pengguna sport Kawasaki tersebut punya pemikiran serupa. Motornya pun langsung dimodifikasi dengan aplikasi komponen limbah moge. Masalah pengerjaan, pria yang berprofesi sebagai desain grafis di Universal Studio Singapura ini menyerahkan ke bengkel JDM Project.

“Konsepnya moge, makanya motor ini full total rubah semua bagian, mulai dari kaki-kaki sampai bodi custom ala Ducati,” buka Joddy Ario, juragan JDM Project. Konsep ini dipilih karena Aditoro enggak mau ribet dan menyerahkan semuanya ke Joddy.

Pemilihan limbah moge juga tak sembarangan, agar proporsional tapi tetap berkesan moge. “Sokbreker depan dan swingarm ambil punya Suzuki GSX 600, terus dikawinkan dengan pelek depan dari Kawasaki ZX10 dan pelek belakang ZX6,” urai pria berkacamata ini.

Urusan bodi sengaja menggabungkan dua model moge. Untuk bagian depan bergaya ala Yamaha R1 dengan ciri khas headlamp proyektor, kemudian belakang meniru Ducati 848 lengkap dengan knalpot undertail. Garis bodi dibuat supaya dua model bodi tersebut terlihat satu.

Tapi Aditoro merasa kurang puas dengan warna motornya, corak warna ala ajang balap akhirnya dipilih jadi sumber referensi. “Tapi dari balap ketahanan Le Mans, bukan balap motor yang sudah banyak dipakai,” sambung Joddy yang bermarkas di Jalan Jatiwaringin Nomor 1A, Jaktim.

Warna ini mengikuti dari mobil BMW M3 GTR Art Car pacuan Jeff Koons tahun 2010 silam. Colorfull, itu kesan yang tampak dari motif Kawasaki Ninja 250R saat ini. Pngerjaan dengan teknik airbrush, bukan cutting sticker. Garis-garis yang menyambung dari bagian depan hingga belakang, terlihat mewah dan menarik.

Makanya tak heran ketika ikut pameran otomotif bersama JDM Project disebuah pusat perbelanjaan, banyak pengunjung anak-anak, wanita sampai ibu-ibu foto bareng motor ini. Mungkin karena warnanya jadi seperti permen lollipop ya.

Data Modifikasi
Bodi        : Full custom by JDM Project
Spidometer    : Koso RX2N
Windshield    : MRA
Headlamp    : HID Projector
Footstep    : KTC
Knalpot        : Yamaha R1
Kaliper rem    : Tokico
Sokbreker depan : Suzuki GSX 600R
Swingarm    : Suzuki GSX 600R
Pelek depan    : Kawasaki ZX10 3.50-17
Pelek belakang    : Kawasaki ZX6    5.50-17
Ban depan    : Battlax  BT090 120/60-17
Ban belakang    : Battlax BT003 180/55-17


(UDA)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

13 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA