Ekspansi Kredit, BRI Agro Bidik Rp558 Miliar dari PUT V

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 11 May 2015 11:27 WIB
bri agro
Ekspansi Kredit, BRI Agro Bidik Rp558 Miliar dari PUT V
Ilustrasi -- FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) berencana melakukan penawaran umum terbatas (PUT) V dengan jumlah saham yang ditawarkan sebanyak-banyaknya 5.588.080.286.

Jumlah saham tersebut merupakan saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp100 dengan harga pelaksanaan sebesar Rp100 setiap saham. Sehingga terkumpul dana sebesar Rp558.808.028.600.

Demikian disampaikan Corporate Secretary BRI Agro Hirawan Nur Kustono, dalam laporannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (11/5/2015).

Menurut Hirawan, dalam PUT V ini tidak terdapat pembeli siaga. Dengan demikian apabila setelah alokasi pemesanan tambahan masih terdapat sisa saham dalam PUT V ini, maka saham tersebut tidak akan dikeluarkan dari dalam portepel.

Adapun setiap pemegang saham perseroan yang tercatat pada daftar pemegang saham yang berhak atas HMETD diberikan kesempatan untuk menggunakan HMETD yang menjadi haknya untuk melaksanakan pembelian saham dalam PUT V.

Apabila tidak, tambah dia, maka seluruh HMETD digunakan untuk membeli saham baru yang ditawarkan dalam PUT V, dalam prospektus ringkas per 11 Mei 2015.

"Sesuai yang telah diinformasikan dalam prospektus dana yang diperoleh perseroan dari hasil PUT V ini setelah dikurangi dengan seluruh biaya yang terkait dengan pelaksanaan tersebut, akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan perseroan yang selanjutnya sesuai rencana akan digunakan seluruhnya untuk ekspansi kredit," jelas dia.

Dapenbun selaku pemegang saham perseroan dengan kepemilikan 1.828.712.137 saham atau 14,03 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh, akan memiliki HMETD sesuai dengan porsi kepemilikan sahamnya.

"Yakni dengan memperhatikan rasio empat saham lama akan memperoleh tiga HMETD maka Dapenbun dapat mengambil bagian untuk membeli 1.371.534.102 saham baru yang ditawarkan dalam PUT V ini," pungkasnya.


(AHL)