Pergerakan Bursa Asia Diprediksi Pertahankan Zona Hijau IHSG

Gabriela Jessica Restiana Sihite    •    Senin, 11 May 2015 11:28 WIB
ihsg
Pergerakan Bursa Asia Diprediksi Pertahankan Zona Hijau IHSG
Ilustrasi. Antara/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Sentimen positif dari bursa Asia diperkirakan akan mempertahankan zona hijau indeks harga saham gabungan (IHSG) pekan ini. Analis Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Guntur Tri Hariyanto mengatakan, sentimen regional dari Tiongkok yang mungkin akan membuat IHSG menguat meski tidak akan terlalu signifikan.

Sementara, faktor dari dalam negeri dinilainya justru tidak akan membawa perubahan bagi pergerakan IHSG. Hal itu disebabkan oleh perkembangan kondisi ekonomi pekan lalu yang cenderung melemah. Dia melihat dari penurunan cadangan devisa, penurunan kredit, dan angka pertumbuhan ekonomi yang tidak sesuai hasil konsensus.

Dia memperkirakan level support IHSG pekan ini 5.120 dan level resistencenya 5.210.

"Minggu ini sebenarnya dari sisi perkembangan ekonomi Indonesia relatif tidak banyak perkembangan positif. Lebih pada harga (saham) yang lebih murah. Mungkin sentimen regional dari Tiongkok karena baru memangkas bunga deposito sehingga memengaruhi market," ujar Guntur saat dihubungi Media Indonesia, Senin (11/5/2015).

Pada pergerakan pekan lalu, kata dia, zona hijau di lantai bursa Indonesia terjadi karena adanya aksi beli oleh para investor lantran harga saham yang cenderung sudah terlalu rendah. "Sudah ngedrop jauh, kalau tidak salah 8 persen jika dibandingkan dengan posisi tertinggi. Jadi secara total, harga saham jadi lebih murah," ucapnya.

Senada, Analis bursa dari PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menuturkan zona hijau di pekan lalu lebih disebabkan oleh adanya aksi beli dari sebagian pelaku pasar. Meski IHSG sempat terkena imbas dari pelemahan bursa saham global sebelumnya yang dibarengi dengan berbalik melemahnya laju rupiah serta kembalinya aksi jual asing tidak membuat laju IHSG bertahan di zona merahnya.

"Akan tetapi, di akhir pekan laju IHSG mampu berbalik positif seiring imbas positifnya laju bursa saham AS," kata Reza dalam riset tertulisnya.

Reza memperkirakan IHSG akan berada pada rentang support 5.050-5.133 dan resisten 5.195-5.224. Meski secara tren masih dalam pelemahannya, lanjut dia, mulai berkurangnya aksi jual dapat membuat IHSG kembali naik meski tipis.

"Kita harapkan adanya rilis data-data global yang dapat positif setidaknya dapat membuat pelemahan menjadi tertahan," tuturnya.

Menurutnya, beberapa saham yang dapat dicermati pada perdagangan pekan ini antara lain AKRA, BBRI, ICBP, BBCA, WSKT, PTBA, BBNI, SRIL, UNTR, RAJA, dan SCMA.


(WID)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA