KPK Periksa Kader Demokrat Penerima Mobil dari Wawan

Yogi Bayu Aji    •    Senin, 11 May 2015 12:59 WIB
tubagus chaeri wardana
KPK Periksa Kader Demokrat Penerima Mobil dari Wawan
KPK. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: KPK memanggil anggota DPRD Banten Eddy Yus Amirsyah. Politikus Partai Demokrat itu akan diperiksa dalam dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) adik kandung mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah Chasan, Tubagus Chaeri Wardhana (TCW) alias Wawan.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TCW," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha, Senin (11/5/2015).

Eddy satu di antara anggota DPRD yang menerima mobil dari suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu. Eddy diduga mendapat empat mobil mewah, yaitu Jeep Rubicon, Moris, Mercy seri E, dan seri R dari Wawan.

Mobil diduga diberikan sebagai pelicin agar Wawan mendapatkan proyek alat kesehatan di Provinsi Banten. Kuat dugaan Eddy akan ditanyai penyidik soal penerimaan mobil tersebut. Namun, Priharsa tak berani memastikan.

"Yang pasti, dia dipanggil karena keterangannya dibutuhkan penyidik," tegas Priharsa.

Adapun pemeriksaan ini bukan yang pertama bagi Eddy. Dia juga sempat dipanggil penyidik KPK pada Selasa, 31 Maret. Selain Eddy, hari ini KPK juga memanggil seorang karyawan swasta Ardiani Imanuel Pratama sebagai saksi bagi Wawan.

Dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Provinsi Banten ini KPK sudah menyita puluhan kendaraan. Lima di antaranya supercars milik Wawan. Seluruh aset yang disita diduga bagian dari TPPU yang dilakukan 'Gubernur Swasta' di Banten itu.

Dalam kasus ini, Wawan diduga melanggar Pasal 3 dan atau Pasal 4 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Wawan juga diduga melanggar Pasal 3 ayat 1 dan atau Pasal 6 ayat 1 UU Nomor 15 Tahun 2002 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 25 Tahun 2003 tentang TPPU jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.


(KRI)