Moratorium TKI Diberlakukan, Bangkalan Antisipasi Lonjakan Pengangguran

Agus Josiandi    •    Senin, 11 May 2015 14:52 WIB
tki
Moratorium TKI Diberlakukan, Bangkalan Antisipasi Lonjakan Pengangguran
Warga Bangkalan mengikuti latihan menjahit agar tak lagi bekerja menjadi TKI, Metrotvnews.com/ Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Bangkalan: Menteri Tenaga Kerja Hanif Dzakiri akan segera memberlakukan moratorium tenaga kerja Indonesia (TKI) informal ke 21 negara di Timur Tengah. Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, pun mengantisipasi pertambahan pengangguran akibat kebijakan tersebut.

Salah satu caranya yaitu membekali para calon tenaga kerja dengan sejumlah keterampilan. Sehingga warga Bangkalan tak lagi menggantungkan nasib untuk bekerja di luar negeri.

"Misalnya komputer, menjahit, listrik, dan las. Hal ini kami lakukan, agar warga Bangkalan bisa lebih mandiri dalam hal pekerjaan dan tidak bergantung pada lapangan pekerjaan di luar negeri,  mengingat dalam waktu dekat akan diberlakukan moratorium tenaga kerja informal untuk 21 negara di Timur Tengah," papar Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bangkalan, Siti Aminah, Senin (11/5/2015).

Bangkalan dikenal sebagai lumbung TKI. Lantaran itu, Disnaker Bangkalan mengusahakan agar warga setempat lebih mandiri menciptakan lapangan kerja baru.

"Maunya sih bisa buka usaha sendiri mas, siapa tahu berhasil dan bisa merangkul tetangga dan saudara jadi pekerja nanti," terang Syafaah, seorang peserta pelatihan asal Kecamatan Kamal, Bangkalan, Jawa Timur, yang mengikuti pelatihan keterampilan menjahit.


(RRN)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

13 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA