Temukan Produk tak Sesuai SNI, Hubungi Nomor Berikut

Eko Nordiansyah    •    Senin, 11 May 2015 15:28 WIB
sni
Temukan Produk tak Sesuai SNI, Hubungi Nomor Berikut
Dirjen SPK Kementerian Perdagangan Widodo (berbaju hitam tengah). FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah

Metrotvnews.com, Tangerang: Direktur Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Widodo mengatakan, masih banyaknya produk yang tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) mengharuskan konsumen juga ikut aktif dalam mengawasi peredaran produk yang tidak sesuai standar.

"Kita selalu edukasi konsumen agar selalu waspada terhadap barang tak sesuai SNI. Jangan beli hanya karena harganya murah saja," ujarnya di kompleks Pergudangan Pantai Indah Dadap, Tangerang, Senin (11/5/2015).

Widodo menambahkan, jika konsumen menemukan ada barang yang tidak sesuai standar SNI bisa menghubungi nomor Direktorat Pengawasan Barang dan Jasa Dirjen SPK Kemendag.

"Nanti kalau menemukan barang yang tak sesuai SNI. Masyarakat bisa menghubungi nomor Pak Direktur (Pengawasan Barang dan Jasa) di 021-3858189 atau email ke irpan.gandaputra@kemendag.go.id," jelas dia.

Sebelumnya, Dirjen SPK Kemendag melakukan pemusnahan terhadap puluhan pompa air impor merek MTY GP-125 yang dinilai tidak sesuai standar SNI, karena terbakar dan meledak setelah dilakukan uji laboratorium.

Selain itu, menurut Widodo selama 2015 sebanyak 64 persen produk tak sesuai SNI ditemukan pihak Dirjen SPK Kemendag. Kebanyakan dari produk tersebut adalah produk-produk elektronik asal Tiongkok.


(AHL)