Perampok Gasak Setoran SPBU Rp636 Juta

- 21 Januari 2013 21:43 wib
<p>MI/Grandyos Zafna</p>

MI/Grandyos Zafna

Metrotvnews.com, Jakarta: Setoran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sering menjadi sasaran empuk para perampok. 

Itu seperti yang terjadi di Jalan Rawamangun Muka Nomor 1, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, pada Senin (21/1) siang. Dalam peristiwa itu, uang setoran sejumlah Rp636.427.000.

Madi, seorang karyawan SPBU 34-13208, tak menyangka uang yang seyogianya disetorkan ke Bank Mandiri cabang Cikini akan dirampok. 

Ia membawa uang setoran tersebut dengan menggunakan mobil Daihatsu Zebra bernomor polisi B 2845 OI. Seorang anggota TNI Serka Jemiran mengawalnya dalam mobil itu.

Menurut informasi dari Kasubag Humas Polres Jakarta Timur Komisaris Didik Haryadi, saat keluar dari SPBU pada pukul 14.00 WIB, mobil langsung dihadang empat pelaku. Keempat pelaku menggunakan sepeda motor Honda Beat hitam dan RX King hitam.

Menurut Madi, para pelaku datang dari arah Jalan Sunan Giri. Tiga pelaku membawa senjata api dan seorang lain membawa sebilah golok.

Pelaku yang bersenjata golok tiba-tiba memecahkan kaca mobil tengah sebelah kanan. Pelaku berusaha merebut uang setoran dari Jemiran yang berusaha mempertahankannya.

Saat itulah salah seorang pelaku melepaskan dua kali tembakan ke udara. Seketika uang ratusan juta rupiah itu pindah tangan. Madi pun melapor ke Polsek Pulogadung.

Menurut keterangan Haryo, 40, seorang tukang ojek, yang sempat menyaksikan perampokan itu, mobil yang membawa uang setoran tersebut disetop pelaku ketika baru berjalan sekitar 200 meter. 

Haryo juga menerangkan tak jauh dari lokasi, polisi menemukan proyektil peluru. "Saya mendengar suara tembakan dua kali. Proyektil pelurunya sudah diambil polisi," ujarnya.

Menurut Kanit Reskrim Polsek Pulogadung Ajun Komisaris Entong, "Kami masih mengumpulkan keterangan saksi dan olah TKP,"katanya. (*/OL-5)

()

KETUA Forum Silaturahmi Dewan Pimpinan Daerah II Golkar Se-Indonesia, Muntasir Hamid, meminta Ketua…