Mengambil Selfie, Seorang Laki-laki Dituduh Sebagai Pedofilia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 11 May 2015 18:35 WIB
facebook
Mengambil Selfie, Seorang Laki-laki Dituduh Sebagai Pedofilia
Foto selfie yang memulai masalah ini.

Metrotvnews.com: Seorang laki-laki telah difitnah sebagai seorang pedofilia di Facebook oleh seorang wanita yang bahkan tidak mengenalnya. Sang wanita, yang merasa bersalah, lalu meminta maaf pada sang laki-laki. Keduanya menyebutkan bahwa kesalahpahaman tersebut adalah suatu hal yang sangat menyedihkan.

Satu hal yang dapat Anda pelajari dari cerita ini adalah jika Anda ingin berbagi informasi melalui media sosial, pastikan informasi tersebut benar.

Kesalahpahaman ini bermula saat sang laki-laki, yang merupakan ayah dari 3 orang anak, mengambil sebuah foto selfie di depan gambar Darth Vade di sebuah pusat perbelanjaan di Melbourne. Kali itu adalah pertama kalinya dia mengambil selfie.

Dia hendak menunjukkan foto tersebut pada anak-anaknnya, yang merupakan fans berat Star Wars. Ketika dia mengambil foto, ada beberapa anak kecil yang juga ingin mengambil foto bersama dengan Darth Vader. Dia lalu berkata pada anak-anak tersebut bahwa dia tidak akan menghabiskan waktu lama untuk mengambil foto.

Seorang wanita, yang merupakan ibu dari anak-anak tadi, melihat sang pria berbicara dengan anak-anaknya dan berasumsi bahwa pria tersebut adalah seorang pedofilia yang baru saja mengambil foto anak-anaknya. Dia lalu mengambil foto dari laki-laki tersebut dan mengunggahnya ke Facebook, menyebutnya sebagai "orang aneh". Hanya dalam waktu beberapa jam, foto tersebut sudah tersebar luas di dunia maya, menjadikan sang pria sebagai korban bulan-bulanan orang-orang iseng di internet.

Berdasarkan Knox Leader, laki-laki tersebut, yang menolak untuk disebutkan namanya, berkata bahwa dia baru tahu bahwa fotonya tersebar luas setelah ponselnya terus berbunyi saat dia sedang rapat. Teman-teman dari laki-laki tersebutlah yang terlebih dulu sadar bahwa fotonya telah tersebar luas. Laki-laki tersebut lalu dengan segera pergi ke polisi untuk menjelaskan bahwa dia bukanlah seorang pedofilia.

Dia mengatakan bahwa dia sangat malu dan takut.

"Saya sempat berpikir rumah saya akan dibakar," katanya.

Dia lalu menyarankan pada masyarakat luas untuk tidak percaya begitu saja pada sesuatu yang dibagikan melalui media sosial.

"Informasi seharusnya dibagikan melalui sumber berita yang terpercaya dan bukan oleh para pecinta drama yang membagikan berbagai hal bodoh di Facebook," katanya.

Sementara sang wanita sendiri, yang membagikan informasi salah mengenai pria tersebut, juga menerima berbagai ancaman karena telah membagikan informasi yang salah. Dia telah meminta maaf pada sang pria dan mendorong masyarakat untuk pergi ke pihak berwajib jika mereka menemui orang yang mencurigakan dan bukannya mengunggah foto orang tersebut ke media sosial.

"Saya tidak seharusnya membagikan foto itu," kata sang wanita. "Berkali-kali saya berharap saya bisa menarik kembali foto tersebut." Dia mengaku bahwa dia sangat terkejut bagaimana foto tersebut dapat menyebar luas dengan sangat cepat. "Saya rasa, satu hal yang bisa dipelajari dari kejadian ini adalah kita tidak seharusnya membagikan hal-hal yang dapat melukai seseorang." (mashable)


(ABE)