Konjen RI Usul Kursus Kilat untuk Diplomat Asing

Eka Hari Wibawa    •    Senin, 11 May 2015 19:58 WIB
wisata
Konjen RI Usul Kursus Kilat untuk Diplomat Asing
Pementasan Wayang Orang merupakan salah satu kesenian khas masyakarat Jawa, Ant/ Andhika Betha

Metrotvnews.com, Solo: Konsulat Jenderal (Konjen) RI untuk New York, Amerika Serikat, Winanto, mengusulkan pemerintah daerah menggelar kursus kilat untuk para diplomat asing. Sehingga, para diplomat pun dapat mengenal potensi daerah untuk dipromosikan di luar negeri.

"Tidak perlu lama, antara dua pekan sampai sebulan saja. Mereka (para diplomat) dipersilakan ‎tinggal di rumah-rumah penduduk sehingga leluasa mengapresiasi langsung semua potensi dan keunikan tersebut," kata Winanto saat bertatap muka dengan  Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (11/5/2015).

Menurut Winanto, cara itu justru lebih mengena di benak para diplomat. Sehingga mereka dengan mudah mempromosikan potensi untuk peningkatan kesejahteraan warga.

Winanto menilai cara itu tidak sulit. Pemkot Solo, sarannya, dapat berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Sehingga Kemenlu dapat memberikan bantuan maupun fasilitas pendukung.

Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudi menyambut hangat saran tersebut. Rudi pun merancang beberapa agenda untuk kegiatan itu.

"Kami akan membuka pelatihan bahasa dan kesenian Jawa di Solo, di kota pusat budaya Jawa ini. Kami akan segera meminta izin kepada Bu Menlu untuk rencana kami ini," kata Rudi.


(RRN)