Sekretariat Komisi VII Benarkan Terima Duit dari Sutan

Renatha Swasty    •    Senin, 11 May 2015 20:12 WIB
sutan bhatoegana
Sekretariat Komisi VII Benarkan Terima Duit dari Sutan
Mantan Ketua Komisi VII Sutan Bhatoegana/ANT/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Karyawan Sekretariat Komisi VII DPR Dewi Berliana mengaku kecipratan duit dari mantan Ketua Komisi VII Sutan Bhatoegana. Dewi menerima uang tersebut melalui stafnya, Wati.

"Wati, staf saya dipanggil Pak Sutan ke ruangan, saat itu saya enggak di tempat. Wati mendapatkan uang dari bapak, ada titipan dalam bentuk amplop," kata Dewi saat memberi kesaksian dalam sidang lanjutan terdakwa Sutan Bhatoegana di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, Senin (11/5/2015).

Lantaran sudah ada nama dalam amplop yang diterima Wati, Dewi lantas menyuruh Wati membagikan duit tersebut.

"Ada 11 staf saya. Jumlahnya saya enggak tahu. Saya terima Rp5 juta," beber Dewi.

Namun, Dewi mengakui uang yang dia terima sudah dikembalikan ke KPK atas saran penyidik. "Iya, setelah saya disidik di KPK disarankan dikembalikan ke negara," sebut dia.

Saat disinggung soal pemberian uang dari Sutan untuk anggota Komisi VII, Dewi mengaku tidak tahu. Namun, Dewi menerangkan jika anggota Komisi VII DPR banyak dipanggil ke ruangan Sutan yang berada di samping ruangannya.

"Itu memang saya tahu (anggota Komisi VII datang ke ruangan Sutan), karena tak pernah kejadian sebelumnya. Tapi saya enggak tahu apa yang dibicarakan," tegas dia.

Dalam dakwaan diketahui mantan Sekretaris Jenderal ESDM Waryono Karno meminta Sutan untuk melancarkan pembicaraan rapat kerja antara KESDM dan Komisi VII DPR RI.

Guna melancarkan itu, Waryono memberikan duit sejumlah USD140 ribu buat Komisi VII DPR RI. Belakangan diketahui uang berasal dari mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

Uang dibagikan pada seluruh unsur di Komisi VII yakni 4 pimpinan, 43 anggota komisi dan sekretariat. Uang dimasukkan di dalam amplop dengan masing masing amplop diberi kode P untuk pimpinan, A untuk anggota dan S untuk sekretariat.


(OJE)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

21 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA