Rekor, 38 Juta Orang Mengungsi Akibat Perang

Damar Iradat    •    Selasa, 12 May 2015 05:58 WIB
mesir
Rekor, 38 Juta Orang Mengungsi Akibat Perang
Ilustrasi/MTVN

Metrotvnews.com, Kairo: Jumlah pengungsi akibat perang dan kekerasan di dunia mencetak rekor. Tercatat, pada 2014 ada 38 juta orang pengungsi di berbagai negara asal mereka, dan jumlah tersebut setara dengan populasi di London, New York, dan Beijing jika digabungkan.

Menurut data yang dipaparkan Norwegian Refugee Council (NRC), 60 persen dari pengungsi tersebut datang dari lima negara, yakni Irak, Sudan Selatan, Suriah, DR Congo, dan Nigeria. Kelima negara itu dipecah belah akibat dari dampak perubahan kejahatan jihadis.

"Diplomat internasional, resolusi PBB, perundingan damai, dan perjanjian gencatan senjata telah kalah dari kekejaman orang-orang bersenjata yang dikendarai oleh kepentingan-kepentingan politik ataupun agama daripada aturan kemanusiaan," ujar Sekjen NRC, Jan Egeland, Senin (11/5/2015), seperti dikutip Telegraph.

Setelah peperangan selama empat tahun di Suriah, kerusakan akibat perang bisa menimbulkan 40 persen pengungsi dari populasi yang ada. Masyarakat sipil biasanya terpaksa berpindah, mencari perlindungan di daerah-daerah yang memiliki sumber daya. Perang Suriah ini juga berdampak keluar ke negara-negara di Timur Tengah.

PBB secara resmi telah mencatat hampir empat juga pengungsi di luar perbatasan Suriah. Banyak dari mereka juga terjaring penyelundupan manusia.

Masih menurut catatan NRC, Irak mengalami peningkatan jumlah pengungsi pada 2014. Tercatat ada 2,2 juta orang mengungsi dari wilayah yang telah diduduki oleh ISIS.

Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, Eropa juga mengalami hal serupa. Ini terjadi karena perang yang bergejolak di Ukraina, menurut laporan, setidaknya ada 646.500 orang meninggalkan tempat tinggal mereka.

Laporan NRC juga mencatat efek dari konflik-konflik yang pernah terjadi sebelumnya. Hampir 90 persen negara yang disurvey, ada banyak orang yang hidup dalam pengungsian dalam jangka waktu sepuluh tahun lebih. (Telegraph)


(OJE)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

14 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA