Diundang ke Barcelona, Emil Siap Curi Ilmu di La Masia

Roni Kurniawan    •    Selasa, 12 May 2015 08:32 WIB
liga indonesia
Diundang ke Barcelona, Emil Siap Curi Ilmu di La Masia
Ridwan Kamil. (Foto: Antara/ M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mendapatkan penghormatan dari Wali Kota Barcelona untuk melihat langsung sekolah sepak bola La Masia Barcelona pada November 2015 mendatang. Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku, akan banyak belajar dari sekolah sepak bola yang telah melahirkan megabintang dunia, Lionel Messi.

“Bulan November diundang sama Wali Kota Barcelona ke sekolah sepak bola La Masia. Jadi saya mau belajar. Kalau bisa anak-anak Bandung belajar kaya sekolah La Masia, kenapa tidak? Karena La Masia Barcelona ini hebat,” ujar Emil kepada awak media di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Selasa (12/5/2015).

Sekolah sepak bola tersebut, diakui Emil cocok untuk calon-calon pesepak bola Indonesia. Pasalnya, jebolan La Masia secara mayoritas memiliki perawakan yang tidak terlalu tinggi dan hampir serupa dengan perawakan orang-orang di Tanah Air. Hal itu menjadi alasan bagi Emil yang begitu yakin kultur akedemi di La Masia akan cocok dengan perawakan orang-orang di Indonesia.

“Orangnya kecil-kecil tapi juara. Jadi cocok buat Indonesia. Lulusannya imut-imut tapi jagoan. Berarti kan kurikulum sekolahnya yang hebat. Ternyata Barcelona membuktikan bahwa postur tubuh bukan ukuran,” tuturnya.

Tidak hanya memenuhi undangan, Emil pun akan berusaha untuk mengajak kerjasama antar sekolah sepak bola La Masia Barcelona dengan Kota Bandung dalam hal penerapan pembelajaran sepak kbola.

“Istilahnya bukan nyontek, tapi apakah bisa buka cabang di Bandung. Apa kita kirim guru belajar ke sana, atau malah kita kirim anak Bandung dan kita beasiswakan beberapa tahun di sana. Suruh saja mereka di Eropa, bisa saja kan. Tapi dengan adanya undangan itu, sudah kehormatan buat kita,” urainya.

 


(ASM)