Kedutaan RI di Nigeria Diancam Diserang Kelompok Militan

Fajar Nugraha    •    Selasa, 12 May 2015 09:39 WIB
kbri diancam teror
Kedutaan RI di Nigeria Diancam Diserang Kelompok Militan
Dubes RI untuk Nigeria Harry Purwanto saat beri surat kuasa (Foto: Dok. KBRI Nigeria)

Metrotvnews.com, Abuja: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abuja, Nigeria, diancam diserang oleh kelompok militan. Ancaman datang dari kelompok yang menyebut namanya M.O.G.
 
"Setelah pertemuan dari para pemimpin (M.O.G), kami memperingatkan Pemerintah Indonesia untuk tidak membunuh warga Nigeria. Kami mendesak Pemerintah Indonesia untuk menghentikannya," isi surat ancaman dari kelompok M.O.G, yang diterima Metrotvnews.com, Jakarta, Selasa (12/5/2015).
 
Sepertinya ancaman tersebut terkait dengan eksekusi mati warga Nigeria yang terlibat kejahatan narkoba. Eksekusi yang berlangsung di LP Nusakambangan itu, dilaksanakan pada April 2015 lalu.
 
"M.O.G tidak puas dengan perkembangan yang terjadi. Kami memperingatkan Pemerintah Indonesia untuk menghentikan segera," lanjut surat itu.
 
Surat juga menyebutkan jajaran Kedubes RI di Nigeria. "Ini adalah daftar dari staf, termasuk duta besar dan diplomat lainnya. Mr. Harry Purwanto, Eko Indiarto, Herian Yuliansyah, Lufti Anggara dan Noro Setyo," sebut surat tersebut.
 
"Kami akan mengambil tindakan bila kejadian (eksekusi mati terhadap warga Nigeria) terjadi lagi," tutup surat itu.

Tidak diketahui secara pasti siapa kelompok M.O.G. Berdasarkan pencarian di dunia maya, M.O.G merupakan kependekan dari Ministry of God atau Man of God. Namun yang diketahui untuk saat ini kelompok itu merupakan kelompok ekstremis sayap kanan di Nigeria.

(FJR)