Tingkatkan Ekonomi, Flores Timur Bangun Pelabuhan Rakyat

Antara    •    Selasa, 12 May 2015 10:27 WIB
pelabuhan
Tingkatkan Ekonomi, Flores Timur Bangun Pelabuhan Rakyat
PELABUHAN (MI/ABDUS)

Metrotvnews.com, Kupang: Pemerintah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, berencana membangun pelabuhan rakyat di beberapa daerah pada 2015 ini guna membantu pertumbuhan perkonomian masyarakat di kabupaten kepulauan tersebut.

Kepala Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Flores Timur Erna da' Silva mengatakan, di tahun ini pihaknya berencana meninjau kembali Desa Ritaebang, Solor Barat, yang sempat terhambat pembangunannya karena ada permasalahan.

"Sebenarnya pelabuhan rakyat itu sudah dibangun tahun lalu, namun karena ada kendala maka tahun ini akan dilihat lagi agar pembangunan dermaga di daerah tersebut dapat terlaksana," ungkapnya, di Kupang, Selasa (12/5/2015).

Saat ini, menurutnya, telah ada beberapa pelabuhan rakyat yang sudah dibangun, seperti di Wailebe, Tobilota, di desa-desa di Pulau Solor dan beberapa daerah pesisir lainnya. "Hal ini sebagai bagian dari pengembangan perkonomian masyarakat setempat, sekaligus sebagai bagian ikut menyukseskan program tol laut yang dicanangkan Presiden Indonesia Joko Widodo," jelasnya.

Erna mengaku, selain rencana pembangunan pelabuhan rakyat di Ritaebang, pihaknya juga telah merencanakan untuk membangun pelabuhan lain di kabupaten kepulauan tersebut. Namun, saat ini pihaknya masih mengalami kekurangan dana. 

"Kami sudah sampaikan proposal, namun belum turun. Jadi, kami tunggu saja. Saya pastikan daerah-daerah di kabupaten, pembangunan pelabuhan rakyat akan terealisasi," pungkasnya.



(ABD)