2016, Belanja Transfer ke Daerah Bakal Lebih Besar dari Belanja K/L

   •    Selasa, 12 May 2015 11:38 WIB
anggaran
2016, Belanja Transfer ke Daerah Bakal Lebih Besar dari Belanja K/L
Ilustrasi. Dok Kemenkeu

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada tahun anggaran 2016 mendatang, pemerintah menargetkan belanja transfer ke daerah akan lebih besar dibanding belanja kementerian/lembaga (K/L). Hal tersebut tertuang dalam kebijakan desentralisasi fiskal pemerintah dan revisi Undang-Undang tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah (HKPD).

"Tahun 2016 ini belanja transfer ke daerah harus lebih besar dari belanja kementerian dan lembaga," ujar Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo, di Jakarta, seperti dikutip dari laman Kementerian Keuangan, Selasa (12/5/2015).

Menurut Wamenkeu, pemerintah sendiri telah bertekad untuk terus meningkatkan belanja transfer ke daerah dari tahun ke tahun. "Sudah dikunci, supaya kita ingat bahwa kita ini negara decentralized, fiskal itu harus kelihatan di dalam postur APBN-nya," ungkapnya.

Besarnya belanja transfer tersebut, kata Wamenkeu mengharuskan pengelolaannya dilakukan dengan penuh kehati-hatian. "Dan ini tugas berat, karena masuk ke dalam Nawa Citanya Presiden, membangun dari pinggiran, dari daerah," pungkasnya.


(WID)