Jokowi Terkesan Pertumbuhan Ekonomi Papua Nugini

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 12 May 2015 12:27 WIB
indonesia-papua nugini
Jokowi Terkesan Pertumbuhan Ekonomi Papua Nugini
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Port Moresby: Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkesan dengan keberhasilan Papua Nugini (PNG) dalam meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Sehingga Jokowi ingin meningkatkan kerja sama bilateral dengan PNG.

"Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan," ujar Jokowi singkat, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Selasa (12/5/2015).

Dia mengungkapkan hal tersebut saat melakukan jamuan makan malam bersama Perdana Menteri PNG Peter O'Neill di Gedung Parlemen, Port Moresby, Senin, 11 Mei malam.

Menurut Jokowi, seluruh pencapaian tersebut tidak terlepas dari kepemimpinan Peter O'Neill dalam memajukan negaranya. "Saya terkesan dengan pertumbuhan PNG yang sangat tinggi sekali," tambah Jokowi.

Jokowi menilai PNG adalah tetangga yang sangat penting, di mana kedua negara tidak hanya telah hidup bersama berdampingan, tapi juga saling berbagi pulau dan juga berbagi harapan. Kesamaan budaya, tradisi dan nilai-nilai telah menjadikan Indonesia-PNG saling bersahabat.

"Sebagai saudara sudah tentu PNG akan membantu Indonesia membangun persahabatan dengan negara-negara Melanesia di kawasan," kata Jokowi.

Melihat usia persahabatan Indonesia-PNG yang sudah memasuki 40 tahun, Jokowi optimistis hubungan diplomatik yang terjalin selama ini dapat memberikan arti penting bagi pembangunan kesejahteraan rakyat di kedua negara.

"Kunjungan saya kali ini akan kembali meneguhkan komitmen tersebut. Saya optimistis ke depan hubungan bilateral Indonesia-PNG akan terus meningkat," pungkas Jokowi.


(ABD)