PDIP Target Menang di 15 Pilkada di Jawa Tengah

Deo Dwi Fajar Hari    •    Selasa, 12 May 2015 12:35 WIB
pilkada serentak
PDIP Target Menang di 15 Pilkada di Jawa Tengah
Foto: Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah, Agustina Wilujeng (tengah)/MTVN_

Metrotvnews.com, Semarang: Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah menargetkan akan memenangkan 15 kabupaten/kota di Jawa Tengah pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, Desember mendatang. DPD PDIP pun segera mengumpulkan nama-nama bakal calon kepala daerah yang akan maju nanti.

"Kami akan meminta ke DPP agar rekomendasi keluar pertengahan Juni, bukan Juli, meski pendaftaran calon baru ditutup pada akhir Juli. Kalau rekomendasi keluar mepet, seperti Pilgub Jateng lalu, mesin partai akan kerepotan. Karena waktu untuk sosialiasi sangat terbatas," kata Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah, Agustina Wilujeng di Semarang, Senin (11/5/2015).

Agustina mengatakan akan menggandeng partai politik lain untuk memenangkan Pilkada serentak nanti. PDIP pun akan segera menetapkan bakal calon kepala daerah yang akan diusung. Ada 21 daerah di Jawa Tengah yang akan mengikuti pilkada serentak.

"Koaliasi kita adalah koalisi partai, bukan koalisi calon. Namun demikian, nama calon yang akan diusung juga sudah langsung dibahas sejak awal dengan partai koalisi. Mudah-mudahan, akhir Mei ini, pembahasan koaliasi bisa selesai, lalu pertengahan Juni, rekomendasi sudah keluar," kata Anggota DPR Fraksi PDIP itu.

PDIP membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di masing-masing DPC. Seleksi wawancara dimulai Senin ini hingga Rabu (13/5/2015) esok, di Panti Marhaen, Semarang. Berkas pendaftaran hasil wawancara akan dikirim ke DPP PDIP Jawa Tengah pada Jumat (15/5/2015).

"Untuk setiap daerah yang bakal calonnya hanya empat orang, maka semuanya akan dikirim ke DPP tanpa disertai catatan dari DPC. Namun untuk yang lebih dari empat nama, semua berkas akan dikirim dengan catatan khusus nomor urut 1 hingga 4 yang terbaik," pungkasnya.

Pilkada serentak diagendakan berlangsung pada Desember 2015. Sebagai tahapan awal, sebanyak sembilan provinsi, 36 kota, dan 224 kabupaten akan ikut pilkada serentak gelombang pertama.


(TTD)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

8 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA