Korban Longsor Pangalengan Tempati Rumah Relokasi Sementara

Roni Halim    •    Selasa, 12 May 2015 12:37 WIB
bencana longsor
Korban Longsor Pangalengan Tempati Rumah Relokasi Sementara
Rumah relokasi ditempati warga korban longsor Pangalengan, Metrotv/ Roni Halim

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Jawa Barat, menyediakan tempat relokasi sementara untuk warga korban longsor Pangalengan. Sejak Senin 11 Mei 2015, sepuluh kepala keluarga korban longsor pun mulai menempati rumah-rumah tersebut.

Pemerintah menyiapkan dua lokasi sementara untuk korban longsor yaitu Cikakapa dan Cibeureum. Enam kepala keluarga menempati empat rumah di Cikakapa. Sedangkan sisanya menempati empat rumah di Cibeureum.

Warga pun menyimpan barang-barang mereka di sekitar rumah berdinding anyaman bambu itu. Beberapa di antara mereka pun beristirahat di dalam rumah.

Atep Kusnadi memboyong keluarganya ke relokasi sementara itu. Atep mengatakan menempati rumah itu sambil menunggu pemerintah membangun  rumah permanen untuk warga korban longsor.

"Bisa segera bekerja dan beraktivitas seperti sebelumnya," harap Atep, Selasa (12/5/2015).

Bantuan pun terus mengalir kepada para korban. Atep mengaku ia dan keluarganya mendapat bantuan pakaian dan makanan. Bantuan datang dari pemerintah, PT Perkebunan Nusantara, dan donatur.

Pemkab Bandung akan merelokasi dan membangun pemukiman baru untuk korban longsor setelah proses pencarian korban berakhir. Sebanyak 52 kepala keluarga yang mengungsi sejak longsor menerjang Kampung Cibitung, Pangalengan, sepekan lalu.

Mereka akan dipindah ke lokasi yang lebih aman dari potensi longsor. Namun hingga berita ini dimuat, Pemkab belum menentukan lokasinya.


(RRN)