Maret, Penjualan Eceran Kembali Alami Akselerasi

Angga Bratadharma    •    Selasa, 12 May 2015 12:53 WIB
bank indonesia
Maret, Penjualan Eceran Kembali Alami Akselerasi
BI (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan eceran pada Maret 2015 kembali mengalami akselerasi. Indikasi tersebut terlihat dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2015 sebesar 175,6 mengalami pertumbuhan sebanyak 19,3 persen secara year on year (yoy) atau 2,2 persen secara month to month (mtm), meningkat bila dibandingkan 16,0 persen yoy atau minus 0,4 persen pada Februari 2015.

Mengutip laman Bank Indonesia, Selasa (12/5/2015), diungkapkan secara tahunan peningkatan penjualan pada 2015 terjadi pada mayoritas kelompok barang, dengan peningkatan pertumbuhan tertinggi pada kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya dari minus 2,6 persen secara yoy pada Februari 2015 menjadi 15,2 persen secara yoy pada Maret 2015.

Peningkatan penjualan pada kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya terutama didorong oleh penjulan produk bahan konstruksi dari tanah liat seperti genteng dan ubin, produk pasir, dan produk barang konstruksi lainnya seperti pipa dan selang dari plastik.

Sementara secara bulanan, peningkatan penjualan terjadi pada mayoritas kelompok barang dengan peningkatan pertumbuhan tertinggi pada kelompok bahan bakar kendaraan dari minus 5,8 persen secara mtm pada bulan sebelumnya menjadi 5,9 persen secara mtm.

Selain terjadi permintaan masyarakat, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Maret 2015 ditenggarai turut mendorong kenaikan penjualan riik kelompok bahan bakar kendaraan. Sementara itu, secara triwulanan, pertumbuhan tahunan konsumsi rumah tangga pada triwulan I-2015 diperkirakan masih cukup tinggi.


(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

14 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA