Ada Kader Demokrat yang Dipakai untuk Memecah Belah Partai

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 12 May 2015 13:47 WIB
kongres partai demokrat
<i>Ada Kader Demokrat yang Dipakai untuk Memecah Belah Partai</i>
Ketua Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Partai Demokrat Ulil Abshar Abdalla--MI/Susanto

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai Demokrat mewaspadai adanya gerakan yang ingin memecah belah partai. Ketua Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Partai Demokrat Ulil Abshar Abdalla mengendus adanya pola-pola penghancuran secara sistematis, dinilai mirip dengan Golkar dan PPP.

"Ada kader Partai Demokrat yang dipakai untuk mencoba memengaruhi dinamika kongres kali ini," kata Ulil di Hotel Shangri La, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5/2015).

Saat didesak, siapa pihak yang ia maksud, Ulil enggan merinci. Ia berdalih masih tidak mau mengungkapkan secara spesifik kader yang tengah menjadi alat pemecah soliditas partai.

Menurut Ulil, pihak yang ingin memecah partai sedang menghidupkan kembali pola intervensi yang sempat berkembang pada masa Orde Baru. Ulil mengaku cemas tradisi buruk ini akan merusak perkembangan demokrasi ke depan.

"Partai harus diberikan keleluasaan mengelola rumah tangga partai sendiri, tanpa campur tangan partai atau pihak lain. Ini perkembangan yang tidak cukup baik," ungkap dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sudah memegang identitas pihak yang diduga memecah-belah partai. Dia mengimbau pihak tersebut insyaf. Jika tidak, ia tak segan-segan mengungkapkannya ke publik.

"Saya ingatkan janganlah begitu. Janganlah mengganggu partai lain. Sebab, kalau masih seperti itu, nanti saya akan buka di depan publik. Malu kalau ada partai mengobok-ngobok partai lain," kata SBY dalam dialog Suara Demokrat yang diunggah di YouTube, baru-baru ini.


(YDH)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

21 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA