Terima Berkas BW, Kejagung Langsung Periksa Kelengkapan

Meilikhah    •    Selasa, 12 May 2015 16:08 WIB
bambang widjojanto tersangka
Terima Berkas BW, Kejagung Langsung Periksa Kelengkapan
Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana. (Foto: Ant/Izaac Mulyawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung kembali menerima berkas penyidikan Wakil Ketua KPK non-aktif Bambang Widjojanto dari penyidik Bareskrim Polri. Namun, Kejagung tak akan buru-buru menyatakan berkas tersebut lengkap dan siap disidangkan.

"Sudah diterima. Sekarang sedang diteliti kembali apakah petunjuk yang diberikan sudah dilengkapi," kata Kapuspenkum Kejagung Tony Tribagus Spontana, saat dikonfirmasi, Selasa (12/5/2015).

Sebelumnya, Kejagung telah menerima berkas penyidikan BW. Namun, berkas dikembalikan dengan alasan beberapa hal yang harus dilengkapi sebelum diserahkan kembali ke Kejagung.

Dalam kasusnya, BW menjadi tersangka dugaan mengarahkan saksi untuk memberikan keterangan palsu di persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. BW sebelumnya ditangkap dan digelandang seusai mengantar anaknya sekolah.

Penangkapan dan penetapan BW sebagai tersangka sempat membuat hubungan KPK dan Bareskrim memanas. Ujungnya, Jokowi memberhentikan sementara BW sebagai pimpinan KPK.

Belakangan, Mahkamah Konstitusi memutus penetapan tersangka masuk dalam objek praperadilan. BW dan tim kuasa hukum kemudian mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tak hanya status tersangka yang dijadikan objek praperadilan, BW juga mempraperadilankan Kapolri dan Kabareskrim dalam gugatan tersebut.


(TII)