Menperin: P3DN Dorong Pemberdayaan Industri Nasional

Husen Miftahudin    •    Selasa, 12 May 2015 17:07 WIB
kementerian perindustrian
Menperin: P3DN Dorong Pemberdayaan Industri Nasional
Menteri Perindustrian Saleh Husin (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menegaskan bahwa Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) merupakan salah satu kebijakan strategis yang mampu mendorong pemberdayaan industri nasional. 

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, upaya tersebut perlu dilakukan seiring terjadinya globalisasi dan liberalisasi ekonomi dunia yang membawa dinamika perubahan dan dampak yang cukup luas bagi perekonomian nasional, terutama dengan makin bebasnya aliran barang, jasa, investasi, modal, dan tenaga kerja.

"Dasar hukum dan komitmen pemerintah sangat jelas, dalam rangka pemberdayaan industri dalam negeri dilakukan melalui kebijakan P3DN. P3DN juga ditujukan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi nasional," kata Saleh, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Ia menyebutkan, tujuan pelaksanaan P3DN antara lain yakni pertama meningkatkan penggunaan produk dalam negeri oleh pemerintah, badan usaha dan masyarakat. Kedua, memberdayakan industri dalam negeri melalui pengamanan pasar domestik, mengurangi ketergantungan kepada produk impor, dan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

Ketiga, memperkuat struktur industri dengan meningkatkan penggunaan barang modal, bahan baku, komponen, teknologi dan sumberdaya manusia dari dalam negeri.

Sedangkan sasaran P3DN meliputi pertama, peningkatan penggunaan produk dalam negeri oleh Kementerian/Lembaga Negara, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Badan Usaha Swasta maupun masyarakat.

Kedua, peningkatan capaian nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Ketiga, peningkatan jumlah produk yang tersertifikasi TKDN. Keempat, peningkatan kecintaan dan kebanggaan masyarakat akan produk dalam negeri.

"Guna menyukseskan program P3DN perlu terus dilakukan pengawasan melalui monitoring, evaluasi dan audit untuk mengetahui pemenuhan dan kepatuhan terhadap pelaksanaan kebijakan P3DN. Selain itu juga memberikan apresiasi berupa Penghargaan Cinta Karya Bangsa kepada pengguna atas komitmen dan konsistensinya yang telah mengoptimalkan P3DN," pungkas Saleh.



(ABD)

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

29 minutes Ago

KPK menyatakan telah mengantongi bukti baru dari tersangka kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto.

BERITA LAINNYA