Tim Cook Buat Akun Resmi di Weibo

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 12 May 2015 20:11 WIB
apple
Tim Cook Buat Akun Resmi di Weibo
Hal yang pertama Cook unggah ke akun Wiebo miliknya. (digitaltrends)

Metrotvnews.com: CEO Apple Tim Cook telah berulang kali mengatakan bahwa Tiongkok merupakan salah satu pasar yang penting bagi Apple. Untuk menunjukkan keseriusan kata-katanya, Tim baru saja membuka akun resmi di Weibo, sebuah layanan micro-blogging Tiongkok yang menyerupai Twitter.

Dalam akun resmi Cook, yang memang telah terverifikasi, pesan pertama Cook adalah "Helo, Tiongkok! Saya senang saya dapat kembali berkunjung ke Beijing untuk mengumumkan program ramah lingkungan terbaru Apple."

Weibo sendiri disebutkan memiliki kurang lebih 175,7 juta pengguna aktif bulanan. Jika dibandingkan dengan Twitter, yang memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 302 juta orang, Weibo memiliki pengguna aktif lebih dari setengah pengguna aktif Twitter.

Meskipun begitu, Weibo dianggap sebagai salah satu situs micro-blogging terbesar di Tiongkok. Sementara media sosial di Tiongkok yang memiliki pengguna aktif terbanyak adalah WeChat, yang dikatakan memiliki pengguna aktif bulanan hingga 500 juta orang.

Belakangan ini, pengaruh Tiongkok di dunia memang terus meluas, baik dalam bidang ekonomi ataupun budaya. Tiongkok bahkan telah berhasil menjadi negara dengan perekonomian terbesar di tahun 2014, mengalahkan AS. Karena itu, tidak mengherankan jika beberapa tokoh terkenal asal Amerika menjadi tertarik untuk bergabung dengan media sosial Tiongkok, seperti Weibo.

Beberapa tokoh terkenal asal Amerika yang telah memiliki akun resmi di Weibo, antara lain adalah Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft, Kobe Bryant, bintang NBA, Robert Downey Jr., dan Samuel L. Jackson.

Dalam akun Twitter resmi miliknya, Cook biasanya membahas mengenai berbagai hal, mulai dari berita perkembangan terbaru dari Apple hingga pendapatnya mengenai isu LGBT. Mengingat Tiongkok memiliki aturan ketat mengenai hal-hal yang dapat diunggah ke internet, tampaknya Cook harus membatasi topik yang dia bicarakan.

Meskipun begitu, Cook dikenal sebagai orang yang suka membuat kejutan, jadi tidak tertutup kemungkinan dia akan membahas hal-hal sensitif. (mashable)


(ABE)