Pengamat: Bambang Brodjo, Menteri Jokowi yang Tidak Punya Teman

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 12 May 2015 18:25 WIB
reshuffle kabinet
Pengamat: Bambang Brodjo, Menteri Jokowi yang Tidak Punya Teman
Menkeu Bambang PS Brodjonegoro. ANTARA/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro masuk dalam daftar menteri yang diusulkan untuk digantikan (reshuffle) karena dinilai tidak bisa memperbaiki kinerja ekonomi Indonesia.

Hal berbeda justru dikatakan pengamat ekonomi dari Universitas Atmajaya, Agustinus Prasetyantoko. Menurutnya, Bambang merupakan seorang profesional yang kompeten di bidangnya. Namun sayangnya, lingkungan tempatnya bekerja tidak mendukung.

"Saya rasa background yang dikuasai dan dimiliki cukup untuk dia di bidang makro. Tapi menurut saya, dia tidak punya teman yang mengerti makro," tuturnya ditemui di kantor pusat BKPM, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (12/5/2015).

Prasetyantoko menilai, dalam kabinet yang sekarang ini sangat jarang menteri yang mengerti tentang ekonomi dari sisi makro. Sehingga jika menginginkan perbaikan ekonomi, menurutnya perlu ada perombakan dalam struktur kementerian bidang perekonomian Kabinet Jokowi.

"Itu perlu di-improve, ditambah orang-orang yang mengerti makro. Yang lain-lain bisa dirombak dan digeser. Tidak harus dikeluarkan dari kabinet, namun digeser saja yang cocok dengan bidangnya," pungkas dia.


(WID)